PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA NEW NORMAL SISWA KELAS IV SD PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Isi Artikel Utama

Ilham Sahdi Lubis
kholija rahmi
Sabri Sabri

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1)  peran orang tua dalam pembelajaran online ,   2) dampak dari pembelajaran online, dan 3) hasil belajar siswa selama pembelajaran online di masa new normal siswa kelas IV SD Negeri Panyabungan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang terdiri dari pengumpulan data,  reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran orang tua dalam proses pembelajaran online dimasa new normal adalah sebagai guru dan fasilitator, 2) dampak yang dihadapi oleh orang tua selama pembelajaran online yaitu pembagian waktu untuk membimbing anak-anak kurang efektif dan kurangnya pemahaman orang tua terhadap materi pelajaran, dan  3) hasil belajar siswa selama pembelajaran online masih banyak memperoleh nilai dibawah KKM.


 


Katakunci: peran orang tua, pembelajaran online, masa new normal


 


Abstract


The purpose of this study was to know 1) the role of parents in online learning, 2) the impact of online learning, and 3) student learning outcomes during online learning in the new normal period at fourth grade students at SD Negeri Panyabungan. This research used descriptive qualitative research. Data collection techniques used interviews and documentation. Data analysis consists of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed 1) the role of parents in the online learning process in the new normal is as a teacher and facilitator, 2) the impact faced by parents during online learning is  the time division to guide children is less effective and parents' lack of understanding of the material lessons, and 3) student learning outcomes still got scores below the KKM.


Keywords: the role of parents, online learning, the new normal

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lubis, Ilham Sahdi, kholija rahmi, dan Sabri Sabri. “PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA NEW NORMAL SISWA KELAS IV SD PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2020/2021”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 330–339. Diakses April 20, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1176.
Bagian
Artikel

Referensi

Allen, Michael. 2013. Guide to E-learning. Canada: John Wiley&Sons.

Al Muchtar, Suwarma. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar. Pustaka Mandiri

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol. 2(1), 55–61.

Dina Novita. 2016. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini Di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan kewarganegaraan Unsyiah Volume 1, Nomor 1: 22-30

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Euis Kurniati. Dkk. 2021. Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 241-256. file:///C:/Users/ACER/Downloads/541-2907-4-PB.pdf

Gunawan, Rudy. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta

Hamdani. 2011. Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia

Helmawati. 2016. Pendidikan Keluarga. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Muhibbin Syah.2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Munib, Achmad, dkk. 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Muthmainnah. 2012. Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012

Nika Cahyati. dkk. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 152-159 E-ISSN : 2549-7367. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203/1326

Novita Arnesi. Dkk. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Juni 2015, p-ISSn: 2355-4983; e-ISSN: 2407-7488

Novrinda. 2017. Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensi , P G - PAUD FKIPUNIB , Vol . 2 N o. 1

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2, 1–12.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2016. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang.

Sadirman, A.M. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Surat. Muhiddin. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada

Siregar, Eveline., & Hartini Nara. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Memengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Shochib, Moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Soekardi.2010.Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Tarsito. Nasution.2011. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV .Andi Offset.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini : Strategi Pembangunan Karakter di Usia Emas. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>