MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MANFAAT AIR BAGI MANUSIA,HEWAN, DAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASEDLEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI NO.153064 LOPIAN 1 KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Isi Artikel Utama

seri arita ginting
Zulfadli Zulfadli
Monica Theresia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa IPA Materi Manfaat Air Bagi Manusia, Hewan, Dan Tumbuhan Menggunakan Model Pembelajaran Problemn Based Learning (PBL) Di Kelas V SD Negeri No.153064 Lopian 1 Kabupaten Tapanuli Tengah.   Subjek penelitian siswa kelas Kelas V SD Negeri No.153064 Lopian 1 Kabupaten Tapanuli Tengah.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi guru. Berdasarkan hasil pengamatan observer guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 70% observasi guru dan 53,57% Hasil belajar siswa. Pada siklus II meningkat 85,72% hasil belajar siswa dan 88% observasi guru. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Siklus I mencapai 53,57% atau 15 orang siswa sudah mencapai KKM 46,42% siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 85,71% atau 24 orang siswa sudah mencapai KKM 14,28% atau 4 orang siswa belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 32,14%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model Problemn Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa IPA Materi Manfaat Air Bagi Manusia, Hewan, Dan Tumbuhan di Kelas V SD Negeri No.153064 Lopian 1 Kabupaten Tapanuli Tengah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
ginting, seri arita, Zulfadli Zulfadli, dan Monica Theresia. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MANFAAT AIR BAGI MANUSIA,HEWAN, DAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASEDLEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI NO.153064 LOPIAN 1 KABUPATEN TAPANULI TENGAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 393–400. Diakses Maret 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/465.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, S. dan Suhardjono S. 2017. Penelitian Tindakan Kelas: PT Bumi Aksara

Arikunto. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman.2011. Model – Model Pembelajaran Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model-Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>