PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MULTIMEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD N 1 MUTIHAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Isi Artikel Utama

Muhammad Arifin Arifin

Abstrak

Berdasarkan penelitian yang peneliti telah lakukan, maka peneliti memberikan kesimpulan bahwa penggunaan multimedia powerpoint dalam pembelajaran tematik tema 9 subtema 2 pada kelas V SDN 1 Mutihan memberikan dampak positif dalam meningkatkan perolehan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan perolehan hasil belajar yang ditunjukkan pada setiap siklusnya. Adapun perolehan hasil belajar pada pra siklus hanya ada 9 siswa dari 20 siswa atau hanya 45% siswa yang tuntas. Setelah menggunakan multimedia powerpoint dalam pembelajaran di siklus pertama nilai perolehan cukup meningkat menjadi 14 siswa dari 20 siswa atau 70% siswa yang tuntas. Perolehan hasil belajar pada siklus II juga mengalami peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan kenaikannya, yaitu 18 siswa yang tuntas dari 20 siswa atau 90% siswa yang tuntas. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia powerpoint dalam pembelajaran tematik tema 9 subtema 2 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Mutihan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Arifin, Muhammad Arifin. “PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MULTIMEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD N 1 MUTIHAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 162–167. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1126.
Bagian
Artikel