PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SD N CIMPON KELAS II TAHUN 2021/2022

Isi Artikel Utama

Beny Rifki Prasinto

Abstrak

Skripsi ini membahas tentang Penggunaan media Power Point untuk meningkatkan hasil belajar kelas II di SD N Cimpon. Dalam penelitian ditemukan bahwa pada saat proses pembelajaran siswa kelas kurang memahami dan sulit menerima materi pelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar belajar dalam pembelajaran tematik pada peserta didik kelas II SD N Cimpon Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah hasil belajar siswa SD N Cimpon. Penelitian ini menggunakan desain Stephan Kemmis dan Robin MC Taggart, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media powerpoint pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD N Cimpon. Peningkatan terlihat dari hasil skala motivasi belajar peserta didik secara klasikal pada siklus I memperoleh persentase 66,14% dan siklus II memperoleh prosentase 88.71% sehingga telah mencapai kriteria keberhasilan. Serta ketuntasan hasil belajar yang memenuhi kriteria keberhasilan pada siklus I sejumlah 5 peserta didik (35.71%) peserta didik, siklus II sejumlah 14 peserta didik atau 100% peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak.


 


Kata Kunci: Media, Hasil Belajar, dan Powerpoint

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rifki Prasinto, Beny. “PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SD N CIMPON KELAS II TAHUN 2021/2022”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 176–184. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1131.
Bagian
Artikel