PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KYAI MOJO TAHUN AJARAN 2021/ 2022

Isi Artikel Utama

Hendra Kusuma
Dholina Inang Pambudi

Abstrak

Penelitian ini merupakan kegiatan untuk mengukur hasil belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based learning pada peserta didik kelas V SD Negeri Kyai Mojo. Jenis penilitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SD Negeri Kyai Mojo yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Kyai Mojo menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar IPA. Pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 76,92% meningkat pada siklus 2 menjadi 88,46%. Hasil nilai rata – rata juga mengalami peningkatan mulai dari siklus I sebesar 67,55 meningkat pada siklus II menjadi 81. Hasil observasi terhadap guru pada siklus I yaitu sebesar 83%, meningkat pada siklus II menjadi 83,48%, sedangkan hasil observasi terhadap siswa pada siklus I yaitu sebesar 70,95%, meningkat pada siklus II menjadi 86,20 %. Berdasarkan data tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD Negeri Kyai Mojo Tahun Ajaran 2021/ 2022.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kusuma, Hendra, dan Dholina Inang Pambudi. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KYAI MOJO TAHUN AJARAN 2021/ 2022”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 234–241. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1136.
Bagian
Artikel