STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU PRIVAT ALQURAN PADA ANAK USIA DINI DI ALIFIQRA MEDAN

Isi Artikel Utama

Siti Zubaidah

Abstrak

This study aims to describe the instructional communication strategy of private teachers in learning the Qur'an in early childhood. This type of research is descriptive qualitative, and data collection techniques with in-depth interviews and document studies. This study uses a descriptive research method with a qualitative approach. The subjects of this study were 6 (six) teachers, 1 (one) management of Alif Iqra and 2 (two) guardians of students of Alif Iqra Medan. The results showed that the Alif Iqra Medan teacher applied the instructional strategy carried out by the Alif Iqra Medan teacher using a fun learning strategy, namely playing, singing, storytelling and demonstration methods. Meanwhile, the implementation of instructional communication strategies uses expository strategies and inquiry strategies and is determined based on the psychological, social and emotional development of early childhood communicants.


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi komunikasi intruksional guru privat pada pembelajaran Alqur’an pada Anak Usia Dini. Jenis penelitian ini ialah Deskriptif Kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan studi dokumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 6 (enam) pengajar, 1 ( Satu ) manajemen Alif Iqra dan 2 ( dua ) wali murid Alif Iqra Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Alifiqra Medan menerapkan strategi instruksional yang dilakukan guru Alif Iqra Medan ialah menggunakan strategi fun learning yaitu dengan metode bermain, bernyanyi, berdongeng dan demonstrasi. Sedangkan penerapan strategi komunikasi intruksional menggunakan strategi ekspositoi dan strategi inkuiri dan ditentukan berdasarkan perkembangan psikologi, sosial dan emosional komunikan anak usia dini.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zubaidah, Siti. “STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU PRIVAT ALQURAN PADA ANAK USIA DINI DI ALIFIQRA MEDAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 23, 2022): 257–264. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1156.
Bagian
Artikel

Referensi

Akmal, Aulia Akbar. 2018. “Strategi Komunikasi Instruksional Guru Di SMA Selamat Pagi Indonesia Dalam Pembentukan Perilaku Mandiri.” UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG.

Andini, Agus Putri. 2018. “Bentuk Komuniksi Sosial Masyarakat Muskim Dan Non Muslim Dalam Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Huta Padang Kec. Bandar Pasir Mandoge Kab. Asahan.” Sripsi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sumatera Utara.

Anggraini, Mutia. 2017. “Komunikasi Instruksional Guru Dalam Proses Pembelajaran Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Di SMKN 2 Pekan Baru.” Jurnal Online Mahasiswa FISIP 4(2):1–15.

Hutapea, Jan Tamado, Susilowati Dyah Kusumaningtyas, and Noviawan Rasyid Ohorella. 2021. “STRATEGI KOMUNIKASI GURU SEKOLAH MINGGU HKBP.” 10(2).

Rianditha, Novia. 2016. “STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU DAN MURID DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR ANAK USIA DINI.”

Surip, Muhammad. 2009. “Komunikasi Intruksional.” Bahas 1–7.

TITIK FITRIA HANDAYANI, HENNY AFRIANTI, SYISVA NURWITAHandayani, Titik Fitria, Henny Afrianti, and Syisva Nurwita. 2016. “Strategi Komunikasi Instruksional Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Bengkulu Dalam Pembelajaran.” Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik 2(2). doi: 10.37676/professional.v2i2.175.