UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH PADA GARIS BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SDN 1 GUNUNGSARI KECAMATAN CIMAHI KABUPATEN KUNINGAN

Isi Artikel Utama

Caskeni Caskeni

Abstrak

Rendahnya hasil belajar penjumlahan bilangan pada garis bilangan menjadi salah satu permasalahan yang harus diselesaikan dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Permasalahan ini didapat ketika sebagian siswa masih banyak yang belum mencapai batas KKM yang telah ditentukan. Tujuan perbaikan pembelajaran matematika adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan oleh peneliti pada siklus I, masih ada sebagian besar siswa yang belum memahami materi yang telah disampaikan. Dari 18 siswa hanya 7 orang siswa yang sudah mencapai KKM. Berbeda dengan hasil belajar pada siklus II, hasil tes guru menunjukkan banyak perubahan yang signifikan. Dari 18 siswa hanya 3 orang siswa yang belum menguasai materi pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada materi penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan  garis bilangan bilangan.


               

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Caskeni, Caskeni. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH PADA GARIS BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SDN 1 GUNUNGSARI KECAMATAN CIMAHI KABUPATEN KUNINGAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 20–24. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1289.
Bagian
Artikel

Referensi

Alya Qonita.(2009). Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: P T Indahjaya Adipratama.

Huda Miftahul.(2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Malang: Pustaka Pelajar

Jihad, A. dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Rehena,F.J dan Casmudi (2009). Strategi Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori Praktik dan Penilaian. : Jakarta. Grafindo

Siregar,E dan Nara, H (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta:

Kharisma Putra

https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-pembelajaran-picture-picture/ [15 November 2021]

https://eprints.uny.ac.id/9829/2/bab2.pdf [15 November 2021]