PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI NILAI UANG MELALUI METODE MAKE A MATCH SISWA KELAS 2 SEMESTER 1 SDN CIJATI 01 TAHUN 2022/2023

Isi Artikel Utama

Pujianto Pujianto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode make a match dalam pembelajaran Matematika kelas 2 SDN Cijati 01 . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas 2 SDN cijati 01 berjumlah 18 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan olehguru kelas 2 yang sebagai peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Post Tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa yang digunakan untuk mengamati siswa dan guru dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan media benda konkret. Data hasil penelitian di análisis secara deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode make a match dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Cijati 01. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada pratindakan hasil belajar menunjukan 39%, pada siklus I meningkat menjadi 61%, dan pada pada siklus II meningkat menjadi 83%. Pencapain ini sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥ 80% siswa tuntas belajar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pujianto, Pujianto. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI NILAI UANG MELALUI METODE MAKE A MATCH SISWA KELAS 2 SEMESTER 1 SDN CIJATI 01 TAHUN 2022/2023”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 42–48. Diakses April 25, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1290.
Bagian
Artikel

Referensi

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media

Anisah.Ani Siti.2011. Pola asuh Orangtua dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakte Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut ; Ftik vol . 05;No.5;01

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanah, I. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal

Jihad dan Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta : Multi Pressindo

Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung

Rusman. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2009:3). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.