UPAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG JENIS SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET DI SDN 02 KELAPA TUJUH

Isi Artikel Utama

Shella Mertania

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA materi Jenis Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV melalui menggunakan media benda konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA tentang jenis sumber daya alam. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 02 Kelapa Tujuh  dengan jumlah peserta didik sebanyak 16 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 6 siswa (37,5%) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 11 siswa (68,75%). Pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa (100%) dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 84,06. Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mertania, Shella. “UPAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG JENIS SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET DI SDN 02 KELAPA TUJUH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 99–109. Diakses Maret 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1291.
Bagian
Artikel

Referensi

Arsyad,Azhar.2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Dahlia Syuaib. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Edukasi Mitra Grafika.Palu.

Hamalik, Oemar. 2020. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Syarif. 2012. Profesi Kependidikan.Tangerang: Pustaka Mandiri.

Luh, Ni dan Putu Ekayani. 2017. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, Bali: Jurusan PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Nugrohoningdyah. E, dan Zuhdi. U. 2013. “Pemanfaatan Media Benda Konkret Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar”. JPGSD. Vol. 01, No.02: 0-216.

Nasution, S. (2013). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar&Mengajar.PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Riastini, Putu Nanci. 2016. Pembelajaran IPA SD. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Resti, Kessy Yolanda, dan Alizamar. 2019. “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bayang Pesisir Selatan”, Jurnal Basicedu Vol.3 No.2.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KencanaPrenadamediaGroup.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.