MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MELALUI STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SDN 15 ENAM LINGKUNG

Isi Artikel Utama

Desi Patrina

Abstrak

Masalah dan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 15 Enam Lingkung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi Contectuak Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran, serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian Pada pada siklus I jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang siswa (36,36 %) dan tuntas sebanyak 7 orang siswa (63,64 %) dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I berjumlah 74,54. Sedangkan pada tes hasil belajar siswa pada siklus II jumlah yang telah tuntas sebanyak 10 siswa (90,91 %) dan yang tidak tuntas sebanyak 1 orang siswa (9,09 %) dengan nilai rata- rata hasil belajar siklus II berjumlah 90,09. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa strategi Contectual Teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 15 Enam Lingkung.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Patrina, Desi. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MELALUI STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SDN 15 ENAM LINGKUNG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 163–171. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1293.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdul Majid . (2013). Strategi Pembelajaran . Bandung : Remaja Rosdakarya

Afandi Muhammad. Dkk. ( 2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang; UNISSULA PRESS. h. 1

A.M.Sardiman. (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta ; Raja grafindo persada

Arikunto Suharsimi DKK. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta ; Bumi aksara

Anita Sri DK. ( 2022). Startegi Pembelajaran di SD. Banten : Universitas Terbuka

Depdikbud. (2001). Pelangi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Hamalik,Oemar. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta ; PT. Bumi Aksara

Johnson, Elaine B . (2010). CTL Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengaasyikkan dan Bermakna.(Alih bahasa:Ibnu Setiawan). Bandung: Kaifa Learning.

Nurmawati. (2016). Evaluasi Pendidikan Islam. Bandung ; Citapustaka Media.

Pusat Bahasa Depdiknas. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi ke-3). Jakarta ; Balai Pustaka

Sapriati Amalia. (2022). Pembelajaran IPA di SD. Universitas Terbuka. Banten

Suyadi. (2012). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung ; PT.Raja Rosdakarya

Wina Sanjaya. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta : Kencana

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Zakky. (2020). Pengertian hasil belajar. https://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar/.2 November 2022. 6.23