PENERAPAN METODE MENDONGENG MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG UNTUK MEMPERBAIKI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMAK KELAS 2 UPT SD No.034812 SIRATA TA.2022/2023

Isi Artikel Utama

Elida Panjaitan

Abstrak

Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar menuntut terjadinya perubahan sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan mode pembelajaran Menyimak dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di UPT SD NO 034812 SIRATA Kec. Silima Pungga Pungga Kab. Dairi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa di setelah menggunakan model pembelajaran metode menyimak. Metode yang diugunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas 4 tahapan yakni 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Hasil Belajar  dan 4. Refleksi. Pengumpulan data menggunalan lembar observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan UPT SD NO 034812 SIRATA Kec. Silima Pungga Pungga Kab. Dairi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peninbngkatan hasil belajar Bahasa Indonesia, siswa setelah menggunakan mode pembelajaran menyimak . Dimana rata-rata hasil belajar siswa di siklus pertama yakni 78,54 dan meningkat di siklus kedua yakni 85,56. Hasil ini memperlihatkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran metode menyimak  di UPT SD NO 034812 SIRATA Kec. Silima Pungga Pungga Kab. Dairi.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Panjaitan, Elida. “PENERAPAN METODE MENDONGENG MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG UNTUK MEMPERBAIKI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMAK KELAS 2 UPT SD No.034812 SIRATA TA.2022/2023”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 172–180. Diakses April 13, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1294.
Bagian
Artikel

Referensi

Arini, Fitri Cahyo. 2011. Penerapan Model Paired Sorytelling Untuk Meningkatkan

Keterampilan Menyimak Siswa Kelas V SDN Bareng Kota Malang.Skripsi

Universitas Malang, (Online), (http://library.um.ac.id,

Hana, Jasmin 2011. Terapi Kecerdasan Anak dengan Dongeng. Yogyakarta: Berlian Media.

Huda, Miftahul.2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model

Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kurniawati, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Anak Pada Siswa Kelas III MI Jam'iyyatul Khair Ciputat Timur. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulla

Lestari, M.P. 2019. Pengaruh Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita pada Kelompok A di Taman Anak Anak Muslimat NU 205 Al-Husna Gresik. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan ampel Surabaya.

Maryam, S. 2018. Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak dengan Media Wayang Kardus di Kelompok A Raudhatul Athfal Palupi Dukuh Kota Salatiga. Salatiga: Institut agama Islam Negeri Salatiga.

Murni, dkk 2012. Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Rusman. 2012. Model- Model Pembeljaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Tutut. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan

Model Picture and Picture Siswa Kelas VA SD Negeri Kentungan Kecamata Depok Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wardani, dkk. (2020). Pemantapan Kemampuan Profesional. Tangerang Selatan:

Universitas Terbuka