UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Isi Artikel Utama

Nani Sri Wahyuni

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievement devision) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD Sidoharjo. Kondisi siswa sebelumnya yakni siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 ada 38,13%. Skor tersebut belum mendapatkan KKM yang diharapkan, yakni 100%. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70. Fakta itu, nampak bahwa masih terdapat mengalami kesukaran pada materi pelajaran memahami sejarah dan kenampakan alam serta keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaern kota serta provinsi. Perolehan penelitian melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) mulai berkembang walaupun hanya sebagian, seperti mulai adanya unsur konstruktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Pada siklus kedua, aktivitas baik siswa, guru, dan hasil belajar telah menunjukkan hasil yang sangat memuaskan karena pada siklus kedua ini baik siswa ataupun guru sudah mengenal Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wahyuni , Nani Sri. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 147–162. Diakses Maret 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1301.
Bagian
Artikel

Referensi

Budiwibowo, S. (2018). Manajemen Pendidikan . Yogyakarta.

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. (2015). “Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru”. Jakarta: Kata Pena. https://serupa.id/modelpembelajaran-stad/

Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 5(2).

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2): 105-120.

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2): 105-120

Rahmadini, .W, Yulina, .H, & Sudirman, .A. (2018). Hubungan Fasilitas Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik kelas IV SD. Jurnal FKIP Unila Bandar Lampung, 1-12

Rakhmawan, D. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Pada Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-10.

Rakhmawan,dedi, Julianto, (2014). Penerapan model kooperatif tipe stad untuk meningkatkan hasil pada sekolah dasar. Vol. 02, no.03.. Hal 3-5.

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yudiasa, I. K., Dibia, I. K., & Made Sumantri, M. P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(3).

Zulhartati, sri. Pembelajaran Kooperatif Model Stadpada Mata Pelajaran IPS. https://media.neliti.com/media/publicat ions/218170-pembelajaran-kooperatifmodel- stad-pada.pdf.