PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEI,QUESTION, READ, RECITE, REVIUW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN MENGENAL NEGARA ASEAN KELAS VI SDN SUMBERDANTI 01

Isi Artikel Utama

Uswatun Hasanah

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalahbagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada pelajaran IPS menggunakan metode SQ3R. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI B pada materi Mengenal Negara ASEAN. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Sumberdanti 01 Kecamatan Sukowono dengan jumlah peserta didik sebanyak 22 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkzn adalah data kuantiytatif dan kualitatif. Data Kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa (45%). Pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa (95%). Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunkan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI Bpada materi Mengenal Negara ASEAN.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hasanah, Uswatun. “PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEI,QUESTION, READ, RECITE, REVIUW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN MENGENAL NEGARA ASEAN KELAS VI SDN SUMBERDANTI 01”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 142–146. Diakses April 26, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1302.
Bagian
Artikel

Referensi

Arnie, F. (2002) Portofolio dalam pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Atikah I, Prana Dwija Iswara,Nurdinah Hanifah. (2017). Penerapan metode survey, question,read, recite, review (sq3r) dengan permainan “pos pelangi” untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi cerita anak yang dibaca. Program Studi PGSD UPI Kampus Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 2, No 1 (2017)

Artu, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Online, 2(2).

Gagne (Aunurrahman 2013). (2020, April 25). Pengertian Hasil Belajar.

Retrieved from fatkhan.web.id: http://fatkhan.web.id/pengertian-hasil- belajar

Huda, M (2014). Model model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Islamuddin, H(2012) Psikolog Pendidikan . Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Krismanto, W., Khalik, A., & Sayidiman. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Metode Survey, Question Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 5(3), 234–242.

Sapriya (2009). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Syaikhun,S. (2017). Penggunaan model pembelajaran kooperatif metode survei, question, read, recite, review (sq3r) untuk meningkatkan hasil belajar pkn pada siswa kelas viii b smp 49Vol. 3, No. 1, April 2017, pp. xx-xxswasta nurul huda al’aziziyyah. SMP Swasta Nurul Huda Al’aziziyah. Jurnal AbulyatamaVolume 1, No. 2, Juli 2017: 98-105.

Sudjana, Nana. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengejar.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumantri, Numan (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya

Rahmawati A. (2016). Penerapan sq3r berbantunan reka cerita gambar untuk meningkatkan pemahaman membaca dan hasil belajar siswa. PGSD UKSW Salatiga. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, Desember 2016: 127 – 13.

Wasliman (2007). (2020, April 27). Pengertian Hasil Belajar. Retrieved from eprints.ums.ac.id:

Wardani, IGAK.2020. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan :Universitas Terbuka