ANALISIS KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA DI SDN 2 TANGGULWELAHAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Konsentrasi Belajar diperlukan dalam proses pembelajaran. Konsentrasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya gangguan dari luar, boleh dikatakan semua hal yang berada di luar diri seseorang dapat menjadi pengganggu konsentrasi belajarnya. Ciri-ciri seseorang yang tidak konsentrasi antara lain sering bosan terhadap suatu hal, selalu berpindah tempat, tidak mendengarkan ketika diajak berbicara, mengalihkan pembicaraan, sering mengobrol, dan mengganggu teman lainnya. Metode pengumpulan data menggunakan Tes, Wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa 4 soal dengan penskoran = jika menjawab dengan benar 5 dengan skor 25, jawaban 4 dengan skor 20, jawaban 3 dengan skor 15, jawaban 2 dengan skor 10, jawaban 1 dengan skor 5 dan tidak menjawab dengan skor 0. Sehingga nilai terendah adalah 0 dan nilai tertinggi adalah
- Dari hasil analisis data konsentrasi belajar yang memiliki rata-rata nilai terendah terdapat pada indikator ke 3 dengan rata-rata skor 20,56, kemudian konsentrasi belajar terendah kedua yaitu terdapat pada indikator ke 4 dengan rata-rata skor 21,39, kemudian konsentrasi belajar terendah ketiga yaitu terdapat pada indikator ke 2 dengan rata-rata skor 21,67, dan konsentrasi belajar terendah keempat yaitu terdapat pada indikator ke 1 dengan rata-rata skor 21,94.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dengan Sistem Pesantren Modern di Samarinda. Psikoborneo, 7(4), 528.
Anufia, O. T. A. dan B. (2019).
INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA. 1–20.
Aprilia, D., Suranata, K., Dharsana, K., & Konseling, J. B. (2014). Penerapan Konseling Kognitif Dengan Teknik Pembuatan Kontrak (Contingency Contracting) Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X TKR1 SMK. Ejournal.Undiksha.Ac.Id, 2(1).
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.
Dores ,S.Pd., M.Pd, O. J., Lisa, M.Cs, Y., & Vorina, O. (2019). Analisis Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sdn
No 20 Sp2 Skph Manis Raya Tahun Ajaran 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.31932/j- pimat.v1i2.506
Fahmi, F. K. (2016). Pengembangan Media Games Education dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 01(02), 215–226.
Iis Holisin. (2016). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis, 3(3), 1–68. http://journal.um- surabaya.ac.id/index.php/didaktis/articl e/viewFile/255/199
Ismah, & Wibiastuti, E. R. (2015).
Pengaruh Letak Geografis Sekolah terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama.
Malik, A. (2018). Scanned by CamScanner nI .ﯼﺭﺍﺰﻤﮐpengantar statistika pendidikan teori dan aplikasi.
Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.232 9
Mayasari, F. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Tanjung Pura, 1–11