PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS V SD N KARANGPELEM 1 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Isi Artikel Utama

Diah Ayu
Anita Trisiana
Sarafuddin Sarafuddin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan berhitung operasi hitung bilangan bulat pada mata pelajaran matematika kelas V SD N Karangpelem 1 Kedawung Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimen design dengan desain one group pretes-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N Karangpelem 1 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1)  Observasi, 2) Dokumentasi 2) Tes. Uji coba instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi point biserial, sedangkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil t-test terdapat pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan berhitung, hal ini diketahui dari hasil analisis data terdapat perbedaan hasil pretest sebesar 48,37 dan posttest sebesar 78,03 yang memperoleh = 9.114 dengan dibandingkan dengan nilai dengan dk = (N-1) jadi (30-1) = 29 dalam taraf signifikasi 5% yaitu 2.045, jadi dapat disimpulkan bahwa > = 9.114>2.045 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesisnya “Ada pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan berhitung pada mata pelajaran matematika operasi hitung bilangan bulat kelas V SD N Karangpelem 1 Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ayu, Diah, Anita Trisiana, dan Sarafuddin Sarafuddin. “PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS V SD N KARANGPELEM 1 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 125–131. Diakses April 25, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1321.
Bagian
Artikel

Referensi

Aprida Pane, Muhammad Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2)

Afif, M., Trisiana, A., & Handini, O. (n.d.). PENGARUH METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF. 2(1), 2019.

Badriyah, saidatul. (2012). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kosakata Pada Anak TPQ Wardatul Ishlah Joyoraharjo Malang. 13–51.

Damianus A, A. T. Y. (2020). 86 JGC IX (2) (2020) JURNAL GLOBAL CITIZEN. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/

Doktor, N., Pendidikan, I., Negeri, U., Dosen, J., Biasa, L., Tarbiyah, J., & Purwokerto, S. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. In 24 | Jurnal Kependidikan (Vol. 1, Issue 1).

Esi, E., Purwaningsih, O., Program, S., Pendidikan, E., & Fkip, U. (2016). PERANAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DAN MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS XI SMK.

Fajar Awaluddin, Ridwan. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athifal. Jurnal Kependidikan. 13.1,56-67

Kesumawati, O. N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika.

Kholil, M., & Safianti, O. (2019). Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Barisan dan Deret. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 89–98. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.246

Lailan, E., Lubis, S., Lubuk, K., Hasanah, N., Pakam, L., Pakam, K. L., Deli, K., & Tahun, S. (2017). Penggunaan Media Garis Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV Mis Nurul Hasanah Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2016 / 2017. 19–28.

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Vol. 03).

Sandri, M. (2018). Pengaruh Media Lagu Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Kota Bengkulu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.698

Saidatul, Badriyah. (2012). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Kosakata Pada Anak TPQ Wardatul Ishlah Joyoraharjo Malang. 13–51.

Sopian, A., Fungsi Guru, D., & Sopian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum, A. (2016). Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan.

Sugiyono, 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Wijayanti, R., & Trisiana, A. (n.d.). PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III (Vol. 1, Issue 2).

Zulfitria, Z. (2019). Upaya Meningkatkan Hafalan Perkalian Matematika Dengan Menggunakan Metode Bernyanyi Pada Siswa Kelas 2 Sd Di Muhammadiyah 12 Pamulang Banten. Instruksional, 1(1), 17. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.17-24