PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA KATOLIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDK Narang 2 semester 1 tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan secara signifikan dari 26 siswa pada refleksi awal 10 orang tuntas atau 38% dan mengalami peningkatan pada siklus 1 menjadi 16 orang atau 62% ,17 orang atau 65% pada siklus 2 serta pada siklus 3 meningkat menjadi 25 orang atau 96%. Temuan ini mengartikan bahwa penggunaan discovery learning meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abdurakhman, O. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–28. https://doi.org/10.30997/dt.v2i1.302
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & H, N. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
Alfath, K., & Raharjo, F. F. (2019). Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) dan Pendekatan Acuan Patokan (PAP). Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 1–28. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.105
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Yogyakarta: Bumi Aksara.
Dahniar, A. (2019). Memahami Pembentukan Sikap (Attitude) dalam Pendidikan dan Pelatihan. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 202–206. https://doi.org/10.38075/TP.V13I2.27
Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2018). Analisis Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270–282. https://doi.org/10.33369/JIK.V2I3.6782
Maisharah. (2021). Belajar dan Pembelajar Beserta Teoritis Praktis. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(3), 1–6. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/VED5Q
Nana Sudjana, & Rivai, A. R. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nasution, S. (1990). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2, 77–95. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i1.786
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. (2013). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 94.
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293
Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55
Undang - Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Kementeriap Pendidikan dan Kebudayaan.
Widiadnyana, I. W., Sadia, I. ., & Suastra, I. . (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA Dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2), 1–13. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344