MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS DAN ALAT PENGANGKUTAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS VI SD NEGERI 200203 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Khoiruddin Saleh Siregar
Laila Alfi Sahri Lubis
Irawanti Panggabean

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi jenis dan alat pengangkutan di kelas VI SD Negeri 200203 Padangsidimpuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Course Review Horay (CRH). Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 200203 Padangsidimpuan yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan  hasil belajar siswa pada materi jenis dan alat pengangkutan di kelas VI SD Negeri 200203 Padangsidimpuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 23 orang dengan persentase 70,37% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 7 orang dengan persentase 29,62%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dimana siswa yang mencapai KKM sebanyak 26 orang dengan persentase 78,88% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 4 orang dengan persentase 11,11%.


 


Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Model Course Review Horay (CRH)

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Saleh Siregar, Khoiruddin, Laila Alfi Sahri Lubis, dan Irawanti Panggabean. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS DAN ALAT PENGANGKUTAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS VI SD NEGERI 200203 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 25–33. Diakses April 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1325.
Bagian
Artikel

Referensi

Hidayat,Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan, Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Kusumahati, Meidian.2014. Kefektivan model Course Review Horay Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ips. Journal of Elementary Education. diakses Juni 2014,dari Universitas Negeri Semarang

Fathurrohman Muhammad. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Daryanto. 2018 Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Prenada Media Grup.

Sardiman A.M. Interaksi & motivasi belajar-mengajar. Rajawalil Pers, 2018