EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA TIMBANGAN BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN KARANGPELEM 1 KEDAWUNG

Isi Artikel Utama

Siti Amalia Herianti
Sutoyo Sutoyo
Ema Butsi Prihastari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan alat peraga timbangan bilangan terhadap hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat kelas IV SDN Karangpelem 1 Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre-Eksperimental Design, Dengan design One Group Pretest Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji Validitas dengan Korelasi Point Biserial, KR-20 untuk uji Reliabilitas, Taraf Kesukaran, dan Daya Pembeda. dan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dengan Shapiro Wilk, untuk uji hipotesis menggunakan paired sampel t-test dan untuk mengetahui keefektifanya menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil  pengujian hipotesis menunjukkan adanya perbedaan rata-rata setelah penggunaan alat peraga timbangan bilangan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 46,32 dan nilai posttest 74,12. Diperoleh nilai  = 11,674 >  2,035. Nilai signifikasi memperoleh 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh penggunaan alat peraga timbangan bilangan terhadap hasil belajar peserta didik. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan dengan uji N-gain score yang memperoleh nilai sebesar 60,36% (cukup efektif). Jadi,  disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga timbangan bilangan cukup efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas IV SDN Karangpelem 1 Kedawung Sragen.


Kata Kunci : Alat Peraga Timbangan Bilangan, Hasil Belajar Matematika

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Amalia Herianti, Siti, Sutoyo Sutoyo, dan Ema Butsi Prihastari. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA TIMBANGAN BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN KARANGPELEM 1 KEDAWUNG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 66–74. Diakses Maret 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1344.
Bagian
Artikel

Referensi

Achmad. (1996). Pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar Sekolah Dasar. Depdikbud.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. alphabet.

Faot, I. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga “Sendiri” Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres Tobu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 330–338. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8223

Gaol, Y. L. (2020). … open-ended berbantu alat peraga dan yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori berbantu alat peraga pada materi operasi bilangan bulat dikelas VII SMP …. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan …, 6, 205–211.

Hasan, Q. A., & Palangkaraya, U. (2011). DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MANIPULATIF. 113–120.

Julistianingsih, E., Tampubolon, B., Uliyanti, E., Peraga, A., & Bilangan, T. (n.d.). Peningkatan hasil belajarmenggunakan alat peraga timbanganbilangan di sekolah dasar pontianak selatan. 1–13.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35.

Pendahuluan, A., & Eksperimen, P. (2011). PENELITIAN EKSPERIMEN A. Pendahuluan.

Prihastari, Ema Butsi & Widyaningrum, R. (2022). The Effect of Microsoft Whiteboard-Assisted Environmental Mathematics towards Environmental Care Attitudes of Pre-Service Elementary School Teachers. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 487–495.

Ruseffendi, E. T. (1980). Pengajaran Matematika Modern. Tarsito.

Sianturi, L. (2017). Pengembangan Alat Peraga Garis Bilangan Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV Sekolah Dasar. Artikel Ilmiah, 1–15.

Siswadi, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Matematika dengan Strategi Kooperatif Tipe STAD. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(02), 227–238. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2118

Siwi, D. A., & Purbosari, P. M. (2016). Efektivitas Media Timbangan Bilangan pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Sonorejo 01 Sukoharjo Indonesia. Jurnal Pendidikan, 1.

Slameto. (2010). Teori-Teori Belajar. Intan Pariwara.

Sugiyono. (2013). STATISTIKA UNTUK PENELITIAN. Alfabeta.

کوچکی, س. غ. م. . و. ع., VDMA, Fähling, J., Industry, M., Nielsch, W., Abbildung, D., Turtle, P., Lanza, G. et al., Messe, H., Cases, U., Ar-anwendungen, P., Reality, A., Werkzeug, M., App, D., Vsm, S. I. M., Technologie-Initiative SmartFactory KL e.V., BSI, B. F. S. in der I., Group, S. S., Heller, J., … Europäische Komission. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Bitkom Research, 63(2), 1–3.