CHARACTERISTICS OF CHILD-FRIENDLY SCHOOLS TO PREVENT VIOLENCE (CASE STUDY IN SDI AL ZAHRA INDONESIA)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstract. This study aims to describe the characteristics of child-friendly schools at SD Al Zahra Indonesia to prevent violence. With a qualitative approach with an observation method by the instruments that have been prepared. From several indicators, it can be concluded that has qualified as a child-friendly school, although it has not been officially launched. It is hoped that the fulfilment of these indicators will reduce the impact of violence on children in schools. The development of child-friendly schools can be applied to all levels of education, especially in basic education.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amelia, Fiyki, dkk. 2017. “Strategi Pencegahan Tindakan Kekerasan terhadap Anak di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh”. Dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Volume 2 No. 1.
Departemen Agama Republik Indonesia. 1989. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: CV TOHA PUTRA.
Djamal, M. 2016. Fenomena Kekerasan di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Elfianingrum, Ariefa. 2010. ”Pengarusutamaan Hak Anak di Sekolah untuk Mencegah Kekerasan”. Dalam Fondasia, Volume 2 No. 10.
Erlinda. 2016. “Upaya Peningkatan Perlindungan Anak dari Bahaya Kekerasan, Pelecehan dan Eksploitasi”. Dalam Seminar Dies ke-23 Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Hasanah, Uswatun dan Santoso Tri Raharjo. 2016. “Penanganan Kekerasan Anak Berbasis Masyarakat”. Dalam Social Work Jurnal, Volume 6 No. 1.
Kusdaryani, Wiwik, dkk. 2016. ”Penguatan Kultur Sekolah untuk Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak”. Dalam Cakrawala Pendidikan, Volume 35 No. 1.
Kusrahmadi, Sigit Dwi. 2010. “Pentignya Pendidikan Anti Kekerasan bagi Anak SD dalam Mewujudkan Warga Negara yang Baik”. Dalam Informasi, Volume 36 No. 1.
Nuh, Mohammad. 2014. Menyemai Kreator Peradaban. Jakarta: Zaman.
Priyatni, Endah Tri dan Nurhadi. 2017. Membaca Kritis dan Literasi Kritis. Tangerang: Tira Smart.
Saptarini, Yustina. 2009. “Kekerasan dalam Lembaga Pendidikan Formal (Studi mengenai Kekerasan oleh Guru terhadap Siswa Sekolah Dasar di Surakarta”. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret.
Sari, Devi Permata. 2017. “Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak sebagai Upaya Pencegahan Tindak Kekerasan terhadap Anak”. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Lampung.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, Ratnasari Diah, dkk. 2017. Implementasi Penerapan Sekolah Ramah Anak pada Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar. Volume 5.
Yulianto, Agus. 2016. Pendidikan Ramah Anak: Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. Volume 1 No. 2.