EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PAPAN GARIS BILANGAN SISWA KELAS VI SDN LABAN 01

Isi Artikel Utama

Bathari Kemuning Larasati
Mafela Randy Puspitasari
Ulya Wajihan
Nurratri Kurnia Sari

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media papan garis bilangan dalam membantu guru melakukan pembelajaran di kelas. Penelitian ini berlatar belakang dari rasa keingintahuan peneliti mengenai apa saja manfaat penggunaan media papan garis bilangan dalam penggunaannya untuk membantu guru dalem materi operasi bilangan bulat di kelas VI. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dimana peneliti secara langsung menanyakan informasi kepada guru kelas dan siswa kelas VI SD Negeri Laban 01. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya manfaat dari penggunaan media papan garis bilangan dari membantu guru dalam menerangkan materi pelajaran dan dengan penggunaan media papan garis bilangan juga dapat merangsang dan meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Larasati, Bathari Kemuning, Mafela Randy Puspitasari, Ulya Wajihan, dan Nurratri Kurnia Sari. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PAPAN GARIS BILANGAN SISWA KELAS VI SDN LABAN 01”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 93–98. Diakses April 25, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1372.
Bagian
Artikel

Referensi

A’yun, Q., & Sujiwo, D. A. C. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 88–98. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.466

Agustina, I. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika secara daring di era pandemi covid-19 terhadap kemampuan berpikir kreatif. Fibonaci, 1(3), 1–11.

Alvario, P. (2016). Efektivitas Media Papan Flanel dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian pada Anak Tunarungu Kelas IV di SDN.No.35 (SDLB) Painan Utara. 5(35).

Barus, V. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Matematika Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 109–119.

Choirudin. (2015). Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan E-Learning Berbasis Schoology.

Holm, K. (1983). Single subject research. Nursing Research, 32(4), 253–255. https://doi.org/10.1097/00006199-198307000-00018

Lutfiyah, L., & Sulisawati, D. N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), 58–65. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.716

Saifani, S. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Corong Berhitung Terhadap Konsep Pemahaman Matematika. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 6(01), 1. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2485

Susanto, L. A. W., & Yudanti, E. (2020). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Pada Konsep Operasi Bilangan Bulat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 101–110. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.371

Theresia Nuhuyanan, A. (2019). Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Memanfaatkan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Bantu Diskusi Kelas Xi Mipa 4 SMA Negeri 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan:Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 1–143.