UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN AJUNG 06 KALISAT JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022

Isi Artikel Utama

Heryati Heryati

Abstrak

Dengan belajar matematika akan tumbuh penataan nalar atau kemampuan berpikir logis, berpikir kritis, dan kreatif serta kemampuan kerjasama peserta didik, sehingga matematika dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Peran pendidik diharapkan bisa membantu dalam perkembangan kemampuan peserta didik tersebut. Akan tetapi dalam realitas, saat ini model pembelajaran matematika yang diterapkan oleh pendidik kurang variatif, pendidik cenderung berpusat pada guru teacher center,  sehingga peserta didik menjadi kurang aktif.


Rendahnya prestasi belajar Matematika siswa kelas V di SDN Ajung 06 Kalisat Jember dikarenakan pendidik  kurang dalam  menggunakan model pembelajaran yang lebih variatif dalam merangsang    perasaan, pikiran, motivasi perhatian agar lebih menarik. Pembelajaran berbasis masalah atau model problem based learning diterapkan dalam penelitian ini, dirasa sesuai untuk menjadi alternatif model pembelajaran karena karakteristik matematika yang rasional akan dilebih dikembangkan, salah satunya yaitu memuat cara pembuktian yang valid, aturan dan rumus dapat diterima sesuai sifat penalaran matematika yang sistematis.


Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian Kelas V SDN Ajung 06 Kalisat. Waktu penelitian : 15-25 Februari 2022, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas  SDN Ajung 06  Kalisat tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah adalah 16 peserta didik, yang semua terdiri 16 siswa laki-laki.


Pada penerapan model problem based learning ini dapat dapat di simpulkan capaian prestasi belajar peserta didik kelas V melalui materi mencari volume bangun ruang semester genap tahun pelajaran 2021/2022 meningkat. Pada tahap tahap awal  pra siklus ini capain  nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 56,5 dengan ketuntasan klasikal 50% pada siklus I capain  nilai rata-rata meningkat menjadi 75,6, dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih  meningkat menjadi 85,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%.  SDN Ajung 06 Kalisat  mencari volume bangun ruang semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pada tahap tahap awal  pra siklus ini capain  nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 56,5 dengan ketuntasan klasikal 50% pada siklus I capain  nilai rata-rata meningkat menjadi 75,6, dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 85,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Heryati, Heryati. “UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN AJUNG 06 KALISAT JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 75–81. Diakses Maret 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1374.
Bagian
Artikel

Referensi

Adnan, Moh Sururi “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MI Matholi’ul Falah Geneng Kab Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.”

Arikunto, Suharsini, Suhardjono dan Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta:

B. Uno, Hamzah, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Dahar, Ratna Wilis, Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2006

Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Hariyanto, Warsono, Pembelajaran Aktif, Bandung Remaja Rosdakarya, 2012

Heruman, Model Pembelajaran Matematika, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2007

Hosnan, M, dan Hartini Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajarn Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Pratiwi, Ratna Dwi, Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Randugunting 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, Semarang: UNNES, 2013

Suwandi, Sarwiji, Penelitian Tindakan Kelas, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010

Tampubolon, Saur, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuwan, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2013.

Susanto, Ahmad, Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 2013

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, landasan, dan Im-plementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010

Widoyoko, Eko Putro, Penialian Hasil Pembelajaran di Sekolah, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2014