MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI PENERAPAN SUDUT BACA BAGI SISWA KELAS VI DI SDN PANCAKARYA 02 AJUNG JEMBERTAHUN PELAJARAN 2022/2023

Isi Artikel Utama

Husnul Yaqin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi komunikasi intruksional guru privat pada Faktor-faktor yang membuat minat baca menjadi  rendah adalah: kurikulum pendidikan dan metode pembelajaran yang digunakan  tidak  mendukung berkembangnya kompetensi literasi siswa banyaknya program televisi yang kurang mendidik dan kecanduan teknologi bermain , dan terdapat suatu kebiasaan masyarakat Indonesia yang lebih suka berbicara dan mendengar daripada dengan membaca dan menulis.


Di SDN Pancakarya 02 sendiri minat baca siswa tergolong sangat rendah apalagi setelah pandemi covid 19 yang dalam kenyataannya siswa seperti mendapatkan libur sekolah yang sangat panjang kurang lebih hampir satu setengah tahun tanpa pembelajaran tatap muka. Kenyataan ini menjadi  masalah yang menghambat siswa dalam belajar.


Jenis penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Sekolah Kelas (PTK) adalah sebuah cerminan dari  kegiatan belajar mengajar  yang  berupa sebuah tindakan, yang sengaja diterapkan dan terjadi di Sekolah secara bersamaan. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini meliputi 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.


Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan yaitu bulan Juli – Desember 2022. Subjek penelitian atau responden yaitu siswa kelas VI di SDN Pancakarya 02 semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Adapun subyek penelitian terdiri dari 26 siswa.Obyek penelitian adalah minat baca siswa Kelas VI


Hasil pengukuran awal  minat baca siswa  diperoleh dengan capaian rata-rata pada kelas VI hanya sebesar 40,63%. Pada pelaksanaan siklus I minat baca siswa terjadi peningkatan dibandingkan dengan sebelum keadaan siklus awal. siswa  menunjukkan capaian rata rata  terhadap kegiatan membaca 58,5%. Pada pelaksanaan siklus II minat baca siswa terjadi peningkatan dibandingkan dengan sebelum keadaan siklus awal. siswa  menunjukkan capaian rata rata  terhadap kegiatan membaca 72%

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yaqin, Husnul. “MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI PENERAPAN SUDUT BACA BAGI SISWA KELAS VI DI SDN PANCAKARYA 02 AJUNG JEMBERTAHUN PELAJARAN 2022/2023”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 14–19. Diakses Maret 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1375.
Bagian
Artikel

Referensi

Akbar, A. 2017. Membudayakan Literasi Dengan Program 6M di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (1), 42-52.

Antoro, B. 2017. Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar (Sebuah Refleksi). Banjarmasin:

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dewi Utama Faizah, Sufyadi,

S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Mamonto, S. 2016. Evaluasi Program Bantuan Dana Operasional Sekolah pada Sekolah Dasar Nurul Huda Ii Yapis Jayapura. JIAP: Journal of Administration Science and Governmen-tal Science, 1 (1), 1–15.

Moleong, L. J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nafisah, A. 2014. Arti Penting Perpustakaan bagi Upaya Peningkatan Minat Caca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2 (2),69-81.

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. 2010. Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Paedagogia, 13 (2),

–128.

Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. 2017. Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di SMA Negeri 4 Magelang.OLIDARITY, 6 (2), 167–179.

Rahma, N. M., Pratiwi, R. N., & Lastiti, N. V. 2015. (Studi pada Ruang Baca Anak Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang). Administrasi Publik (JAP), 3 (5), 763–769.

Thompson, S., Provasnik, S., Kastberg, D., Ferraro, D., Lemanski, N., Roey, S., & Jenkins, F. 2012. Highlights from PIRLS 2011: Reading Achievement of US Fourth- Grade Students in an International Context. United State: National Center for Education Statistics.

Wandasari, Y. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidi-kan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidi-kan), 2 (2), 12–22.

Wulandari, R. 2017. Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman AL Hakim Internasional. Universitas Negeri Yogyakarta.