UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS TINGGI DI SDN PLEREAN 02 SUMBERJAMBE JEMBER

Isi Artikel Utama

Ninuk Sri Indahyani

Abstrak

Dampak dari pandemi covid 19 ini juga dirasakan SDN Plerean 02 Sumberjambe, sebagai pimpinan di sekolah ini sangat merasakan  dan mendengarkan keluhan keluhan dari dewan guru mengenai tulisan siswa yang mereka sebut sebagai tulisan cakar ayam. Padahal siswa sudah menginjak kelas tinggi tetapi menulis secara rapi dan terbaca saja seperti kesulitan. Untuk itu penulis meminta guru guru untuk menerapkan pembelajaran menulis tegak bersambung walaupun mereka sudah berada di kelas tinggi.


Penelitian ini dilakukan di SDN Plerean 02 Sumberjambe Kabupaten Jember. Waktu penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023, tepatnya 3 bulan, mulai dari bulan September s.d November 2022. Adapun subyek Penelitian adalah siswa kelas Tinggi yang terdiri dari siswa kelas IV siswa kelas V dan  dan Siswa kelas VI. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan Sekolah. Penelitian dilaksanakan dalam beberapa siklus. Adapun tahapan setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan Tiap Siklus  terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi


Hasil pembahasan penelitian mengenai kemampuan menulis huruf tegak bersambung pada siswa kelas IV, Kelas V dan Kelas VI SDN Plerean 02 Sumberjambe, hasil observasi dan wawancara kepada siswa, peneliti menyimpulkan bahwa keterampilan menulis huruf tagak bersambung pada siswa kelas tinggi dengan Metode Drill meningkat hasil capain tujuan pembelajaran secara signifikan. Hal ini terbukti dari hasil capaian nilai persentasi setiap siklus mengalami peningkatan.


Dari 20 siswa pada kelas IV, 22 siswa kelas  V, 24 siswa kelas VI terbukti pada siklus 1 memperoleh nilai di atas 64 dari capaian pra siklus 59. Sedangkan pada siklus II yang memperoleh capain rata rata nilai di atas 72. Ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa dalam menulis huruf tegak bersambung meningkat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Indahyani, Ninuk Sri. “UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS TINGGI DI SDN PLEREAN 02 SUMBERJAMBE JEMBER”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 1–6. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1376.
Bagian
Artikel

Referensi

Akhdiah, Suharti G Arsjad dan Sakura H Ridwan. 1991, Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta : Erlangga

Amed, Karen K dan Mary S Rine. 2014 Dasar Dasar Lengkap, Analisis Tulisan Tangan, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Lutvianto Bayu. 2013 Analisis Tulisan Tangan, Jakarta: Rajagrafindo Persada,

Hasbullah. 2017 Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo persada

Mahsun, 2012, Metode. Penelitian Bahasa, Depok: Rajagrafindo

Nurgiyanto, 2012, Burhan Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BEFF.

Resmini, Novi, Yayah Churiyah, Nenden Sundari, 2006 Membaca dan Menulis di SD Teori dan Pengajarannya, Bandung:UPI PRESS