IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIK DI TK AN NUUR KELURAHAN TOSAREN KOTA KEDIRI

Isi Artikel Utama

Siti Mahmudah

Abstrak

Pendidikan karakter sangat berperan dalam mencetak generasi bangsa yang Tangguh dan bermoral. Pendidikan karakter dapat dibentuk melalui pembiasaan kegiatan spiritual, terutama pada Lembaga Pendidikan dasar, dalam hal ini bisa PAUD/TK. Berdasar Hadist Nabi, bahwa anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka kedua bapak ibunya yang telah menjadikan Nasrani, Yahudi maupun Majusi. Dari hadits ini dapat dipahami, bahwa jika sejak usia dini anak diajarkan pembiasaan-pembiasaan yang baik, maka kelak dia akan menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa.


Penelitian yang merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.


Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa banyak sekali pembiasaan kegiatan-kegiatan spiritual yang dilakukan di TK An Nuur, diantaranya yaitu Sholat Dhuha berjama’ah, adanya ceramah keagamaan, pembiasaan berdo’a diawal dan selesai pembelajaran, mengaji dan menghafal surat-surat pendek Al -Qur’an, kemudian ada juga lomba Adzan dan Iqomah secara bergiliran pada waktu sholat Dhuha. Selain itu setiap hari Jum’at diadakan infaq secara sukarela dan pembagian nasi Jum’at berkah sebulan satu kali.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mahmudah, Siti. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIK DI TK AN NUUR KELURAHAN TOSAREN KOTA KEDIRI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 132–141. Diakses Juni 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1389.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdullah Syarif. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Kalimat Azan. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan. Vol. 7, No. 2. https://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/39

Adhin, Fauzil. 2006. Positive Parenting: Cara-Cara Islami Mengembangkan Karakter Positif Pada Anak Anda. Bandung: Mizan.

Afifi, J. 2012. Pantangan Dan Anjuran Dalam Sholat Dhuha. Kulon Progo. Sabda Media.

Aisyah, L; Irfan M. 2012. 35 Kisah Inspiratif Shalat Tahajjud Dhuha. Yogyakarta. Pinang Merah Publisher.

Afiyah, Melwany May Pratama, Rizky Nurhasanah, Ida Windi Wahyuni. 2019. Evaluasi Pengenalan Tata Cara Berwudhu Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Media Gambar Pada Kelompok B Di Ra Asiah Kota Pekanbaru. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2, No. 1. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/download/3303/1768/

Albi Anggito, Johan Setiawan. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. Jawa Barat: CV. Jejak.

Ariyanda Octaviana, Riza Oktarina, Dan Ully Muzakir.2021. Analisis Peran Guru Dalam Pembiasaan Ibadah Shalat Dhuha Pada Anak Usia Dini Di Tk Save The Kids Banda Aceh. Volume 2, Nomor 1. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/333

Astuti, Tri Marhaeni Pudji. 2013. Kurikulum 2013 Tekankan Perubahan Sikap Pelajar. Suara Merdeka tanggal 24 Maret 2014.

Cek Khamsiatun. 2015. Urgensi Doa Dalam Kehidupan. Vol. 3, No. 1, Januari. Http://Www.Ojs.Serambimekkah.Ac.Id/Tarbawi/Article/View/1243

Didik Hernawan, Muthoifin. 2018. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, Vol. 19, No.1 Juni. Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. https://journals.ums.ac.id/index.php/profetika/article/download/7751/7924

Depag RI. 2012. Al-Quran dan Terjemahannya Robbani. Jakarta: PT. Surya Prisma Sinergi.

Depdiknas, 2003, Undang-Undang No. 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional.

Fathurrahman, Muhammad. 2015. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan praktik konstektualisasi Pendidikan Agama di Sekolah. Yogyakarta: Kalimedia.

Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Guru Sejati: Pengembangan Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Jalaludin. 2012. Membangun SDM Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan | Vol. 13 No. 2 Hal. 1-14.Tersedia Pada : http://jurnal.upi.edu/file/jalaludin.pdf.

Lathifatul Izzah, Ratna Purwaningsih .2017. Peran Guru Dalam Pembiasaan Sholat Berjamaah. Volume 8 no. 1. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).1-10

Luthfiyah, M. F. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus.

Matta, Muhammad Anis. 2003. Membentuk Karakter Islam. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat.

Muchlas Samani dan Drs.Hariyanto,M.S, 2011, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mukhtashar tafsir Ibnu katsir jilid 3 / Syaikh Ahmad Syakir . 2016. Jakarta : Darus Sunnah Press.

Nasrulloh. 2016. Implementasi Pendidikan Rabbani dalam Membentuk Karakter dan Kecerdasan Spiritual. Ilmu Al-Qur’an (IQ) Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 No.02 2021 p.171-198 ISSN: 2338-4131 (Print) 2715-4793 (Online) DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v4i02.248.

Rahmi Agustina, Abdan Syakura. 2018. Penerapan Menghafal Juz ‘amma pada Anak Kelompok B di TK Tahfiz Tunas Mulia Kertak Hanyar. Vol. 4, No.2. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jurnalaud/article/view/2558/0

Rachmawati, Amalia. 2020 Jumat Berkah dalam Meningkatkan Kesadaran Bersedekah Siswa di SMPN 2 Jetis Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/9872/

Ridho Nurul Fitri. Pengaruh Pembentukan Karakter dengan Kecerdasan Spiritual di SMA Negeri 22 Palembang. Volume 5, Nomor 1, Juni 2016 Available online at http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita

Robertus Suraji, Istianingsih Sastrodiharjo. 2021. Peran spiritualitas dalam pendidikan karakter peserta didik. Vol. 7, No. 4. pp. 570-575 Journal homepage: https://jurnal.iicet.org/index.php/jppi

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.2.

Silkyanti Fella. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941

Syaifur Rohman. 2020. Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Untuk Menjaga Potensi Aqidah Pada Anak. Dimar. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1, No.2

https://Ejournal.Stit-Almubarok.Ac.Id/Index.Php/DIMAR/Article/View/36

Ubabuddin, Umi Nasikhah. 2021. Peran Zakat, Infaq Dan Shadaqah Dalam Kehidupan. Jurnal Ilmiah Al- Muttaqin. Vol. 6, No. 1. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Al-Muttaqin/article/view/368

Yusuf, Muhammad. 2013. Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Berbasis Nilai. Jurnal Al-Ulum Volume. 13 Nomor 1, Hal 1-24. Tersedia Pada : https://media.neliti.com/media/publications/195591-none-2437bc9a.pdf.