UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLLY MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV SD NO 030307 TIGALINGGA

Isi Artikel Utama

Laila S Meliala

Abstrak

Kelemahan dalam memberikan informasi kepada siswa seringkali terjadi pada saat pelaksanaan proses pembelajaran. Seharusnya melalui proses pembelajaran siswa dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan atau sikap baru memulai interaksi dengan informasi dan lingkungan. Penelitian yang berjudul judul “ Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Volly Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri No 030307 Tigalingga”  . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian terdiri dari tempat, waktu penelitian dan siklus PTK, yang menjadi subjek penelitian ialah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi tersebut dilakukan observasi terhadap keaktifan siswa dari angket. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan terhadap keaktifan siswa mencapai kategori baik berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Dari tes evaluasi awal diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 56,5 dan ketuntasan kelas 0%, pada hasil ulangan harian siklus pertama nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu 62,0 dan ketuntasan kelas 30%, pada siklus kedua nilai rata-rata kelas 73,1 dan ketuntasan kelas 70% pada siklus ketiga nilai rata-rata kelas 76,8 dan ketuntasan kelas 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada materi permainan bola volley di kelas meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SD Negeri No.030307 Tigalingga pada passing bawah permainan bola volly.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Meliala, Laila S. “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLLY MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV SD NO 030307 TIGALINGGA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 181–196. Diakses Maret 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1406.
Bagian
Artikel

Referensi

Bainil. (2004). Hubungan kekuatan otot lengan dengan Kemampuan Passing dalam Permainan Bola Volly. Skripsi (tidak dipublikasikan).

Gulo . (2002). Strategi Belajar mengajar,Jakarta : Gramedia Widiasarana.

Kuswajaya , wihardit. (2006).Penelitiaan Tindakan Kelas.Jakarta : universitas Terbuka.

Nasution S. (2005). Didaktif Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. (2003). Metode mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Rochiati,Wiriatmaja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sarayin. BA. (1998). Penentun Pelajaran Orkes Kelas I SMA. Ganeca Excac. Bandung.

Sanjaya W , 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Persada Media Grup.

Sudibyo, Elok. 2003. Beberapa Teori yang melandasi Pengembangan Model-Model

Pengajar : Jakarta : Dit PLP Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Viera. Barbaral dan Fengason Bonnic Jill.(1996).Volley Ball. University of Delawk.