MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN METODE MENULIS ARKOSTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO 030322 LAU MOLGAP

Isi Artikel Utama

Tartulia Kristina Pasaribu

Abstrak

Salah satu  metode yang sering digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah metode pembelajaran kontekstual, namun masih banyak guru yang kurang aktif dalam penerapannya. Metode ini menyajikan bagaimana melatih siswa bekerja dengan timnya secara aktif. Di samping itu  metode ini salah satu diantara sekian banyak metode pembelajaran inovatif, metode ini sesuai dengan karakteristik siswa SD, di mana siswa akan merasakan kegembiraan dalam belajar, menghilangkan kejenuhan, sekaligus belajar berbagi dan bekerja sama dengan orang lain. Sebagai upaya tindak lanjut pemberdayaan kualitas belajar mengajar, peneliti pada kesempatan lain mempelajari  berbagai metode mengajar yang tepat untuk pembelajaran berikutnya. Dengan harapan pembelajaran yang peneliti lakukan bersama siswa menjadi lebih aktif dan efesien. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: pembelajaran dengan metode menulis arkostik memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I971%), siklus II (100%). Penerapan metode menulis arkostik mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil tes siswa, rata-rata jawaban siswa menunjukkan bahwa siswa berhasil dalam pembelajaran dengan menggunakan metode menulis arkostik sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar sehingga hasil belajar dapat tercapai.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pasaribu, Tartulia Kristina. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN METODE MENULIS ARKOSTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO 030322 LAU MOLGAP”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 197–208. Diakses Maret 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1407.
Bagian
Artikel

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.

Djojosuroto, Kinayi. Pengajaran Puisi Analisis dan Pemahaman. Bandung : NUANSA.

Gulfron. (2008) . Puisi Arkostik “ Kebersamaan Kita”, tulisan, (online), (http://mediasastra.com/puisi/493/kebersamaankita

Pradopo, Rachmat Djoko. (2005). Pengkajian Puisi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Sudibyo, Arief. (2008). Teknik Menulis Puisi Arkostik. (Online), (http://republikpuisi-reeveBlogspot.com/2008/04/teknik-menulis-puisi-arkostik

Utami, Retno. (2009). Menulis puisi dengan cara menguraikan nama diri, (online), (http://menulispuisi).