PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAPAT MENINGKATKAN KOMUNIKASI KERJA GURU SD NEGERI 030344 PAROPO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Isi Artikel Utama

Bunga Simanjorang

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah ingin menjabarkan penerapan teknik gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal pada prosesmeningkatkan motivasi kerja guru di UPT SDN 030344 Paropo. Penelitian ini dilaksanakan bulan Januari sampai bulan Maret 2022 dengan menggunakan metode kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk observasi, dokumentasi; wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kuaritatif model interaktif. Mutu sumber daya manusia sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan dari Kepala Sekolah. Agar dapat mencapai hasil seperti yang diharapkan, maka beberapa strategi yang mesti ditempuh antara lain; 1) Penegakan disiplin,2) pemberian layanan, 3) Pembinaan mutu, 4) Kesejahteraan. Dengan berbagai strategi tersebut maka mutu pendidikan sekolah akan baik karena kerja sama antara supervisor dengan supervie dalam pelaksanaan supervisi akademik. Siklus I pertemuan 1 dari 2 aspek kesiapan mental dan fisik ada dan 5 orang guru atau 19% dan 45% guru siap dan 9 dan 6 orang atau 81 % dan 55% tergolong belum siap, pada aspek kesiapan bahan terdapat 2 dan 5 orang atau 19% dan 45% peserta siap dan 9dan 6 orang atau 81% dan 55% belum siap. Pada aspek kehadiran guru terdapat 4 dan 7 orang atau 36% dan 64% peserla hadir dari 7 dan 4 orang atau 64% dan 76% peserta tidak hadir. Pada aspek kesiapan laptop hanya 2 dan 4 orang atau 19 % dan36% siap, sedangkan9 dari 7 orang guru atau 81 % dan 64% belum tercapai. Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 pada aspek kesiapan mental dan fisik ada 8 dan 10 orang guru atau 73% dan91% peserta siap dan 3 dan 1 orang atau 27% dan 9% tergolong belum siap. Pada aspek kesiapan bahan terdapat 8 dan l0 orang atau 73% dan 91% peserta siap dan 3 dan 1 orang atau 27% dan 9% belum siap, pada aspek kehadiran guru terdapat 9 dan 11 orang atau 82% dan 100 % peserta hadir dan 2 dan tidak orang atau 18% dan 0% peserta tidak hadir, pada aspekkesiapan laptop terdapat hanya 6 dan 7 orang atau 55% dan 64% siap, sedangkan 5 dan 4 orang atau 45% dan 36% belum siap, pada siklus II pertemuan 2 sudah tercapai.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Simanjorang, Bunga. “PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAPAT MENINGKATKAN KOMUNIKASI KERJA GURU SD NEGERI 030344 PAROPO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 209–220. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1408.
Bagian
Artikel

Referensi

Anwar Yasin. (1998). Standar Kemampuan Profesional Guru SD. Malang : IKIP.

Depdikbud. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2000). Panduan Manajemen Sekolah. Proyek Peningkatan Mutu Guru Kelas SD Setara D.II Jakarta.

Eflendy, Onong Uchjana. Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Grasindo Rosdakarya.

Cangara, Hafidz. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Littlejohn, Stephen W. (2001) . Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.

Mulyana, Deddy. (2001). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.

Ruben, Brent D, Stewart, Lea P. (2005). Communication and Human Behaviour. USA: Alyn and Bacon.

Sendjaja Sasa Djuarsa. (1994). Pengantar Komunikasi, Jakarta: Universitas Terbuka.

Siti Aminah Ansoriah. (1999). Kualitas Kinerja Kepala Sekolah. Tesis PPS IKIP.

Udin. S. Winataputra. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Yatim Riyanto. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Penerbit SIC.