PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PECAHAN UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN NO 030307 TIGALINGGA

Isi Artikel Utama

Rupina Sohma Ukur Lingga

Abstrak

Pembelajaran kooperatif lebih menekankan interaksi antar Peserta didik. Dari sini peserta didik akan melakukan komunikasi aktif dengan sesama temannya. Melalui komunikasi tersebut siswa diharapkan termotivasi dalam belajar, dengan komunikasi tersebut peserta didik diharapkan lebih cepat menguasai materi pelajaran karena peserta didik mudah memahami penjelasan dari teman sebayanya dibandingkan penjelasan dari gurunya, karena bahasa dan cara penyampaiannya lebih sesuai dengan dan sepadan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran kooperatif dalam pecahan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN No 030307 Tigalingga. Dan bagaimana cara penerapannya? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak tiga Siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan repleksi. Sasaran penelitian  adalah siswa kelas V SDN No 030307 Tigalingga. Data yang diperoleh berupa hasil tes, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis ditemukan bahwa penerapan pembalajaran kooperatif dalam pecahan dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar  siswa siswa kelas V SDN No 030307 Tigalingga, dan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran matematika oleh guru-guru lain.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lingga, Rupina Sohma Ukur. “PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PECAHAN UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN NO 030307 TIGALINGGA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 221–233. Diakses April 25, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1409.
Bagian
Artikel

Referensi

Ali, Muhammad. (1996). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1994). Jakarta: Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hudoyono, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

KBBI. 1999. Edisi Kedua. Jakarta Balai Pustaka.

Nur, Mohamad. (2008). Model Pembelajaran Kooperatif.

Kemmis, S dan Mc.Taggar, R. (1998). The Aglian Research Planner, Victoria Dearcin, University Press.