PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA PIAS-PIAS KATA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 030385 ANTUANG KECAMATAN SIEMPAT NEMPU

Isi Artikel Utama

Rentha Purba

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas I SD Negeri No 030385 Antuang Tahun Pelajaran 2022/2023, dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca nyaring masih rendah. Melalui media pias-pias kata permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada tahap observasi observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media pias-pias kata pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa saat proses penbelajaran berlangsung tercipta pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) hal ini terlihat dari ketertarikan siswa pada kondisi awal 35,00 % menjadi 60,00% pada siklus I meningkkat 25,00% dan menjadi 75,00% pada siklus II meningkat 15,00%. Pada indikator partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dari siklus I 65,65% menjadi 91,30 % pada siklus II meningkat 25,65%, dari pengamatan performance siswa dalam membaca nyaring pada siklus I 60,00% menjadi 90,00% pada siklus II meningkat 30,00% dan dari hasil kuisioner siswa 72,50% pada siklus I menjadi 92,50% pada siklus II meningkat 20,00%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Purba, Rentha. “PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA PIAS-PIAS KATA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 030385 ANTUANG KECAMATAN SIEMPAT NEMPU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 234–243. Diakses April 19, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1410.
Bagian
Artikel

Referensi

Anton M.Moeliono. (1998). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

Guntur Tarigan, Henry. (1979). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Muhibin Syah.(1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Mulyani Sumantri dan Johan Permana. (1999). Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Dirjen Dikti

Mulyani Sumantri dan Johan Permana. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana.

ST. Y. Slamet Kemampuan. (1997). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa ditinjau dari Penguasaan Struktur Kalimat dan Pengetahuan Derivasi. Tesis