MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI NO 030294 SIGALINGGING KECAMATAN PARBULUAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MEMBACA DENGAN KERAS

Isi Artikel Utama

Tiarasi Br Saragih

Abstrak

Penelitian  ini  betujuan  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca melalui strategi membaca dengan keras pada siswa kelas I SD Negeri No 030294 Sigalingging Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi membaca dengan keras, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes formatif, sedangkan analisis data dilakukan dengan model interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membaca dengan keras dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca kalimat pada siswa kelas I SD Negeri No 030294 Sigalingging Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi. Aktivitas belajar siswa membaca dari Kondisi awal  ke siklus II terdapat peningkatan: aspek melafalkan (nilai rata-rata naik 22%  dari kategori baik  menjadi  amat baik, aspek mendemonstrasikan: (nilai rata-rata  naik 28%  dari kategori baik  menjadi  amat baik, aspek membaca:(nilai rata-rata naik 21% dari kategori baik  menjadi  amat baik, aspek  menulis (nilai rata-rata naik 26%  dari kategori baik  menjadi  amat baik. Hasil belajar siswa kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 2 siswa (13,33%) yang nilai tuntas menjadi 28 siswa (93%).Terjadi  peningkatan sebanyak 13 orang siswa (86,67%) dan nilai rata-rata kelas dari 58 menjadi 92 meningkat sebesar 34.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Saragih, Tiarasi Br. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI NO 030294 SIGALINGGING KECAMATAN PARBULUAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MEMBACA DENGAN KERAS”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 244–253. Diakses April 25, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1411.
Bagian
Artikel

Referensi

Abu Ahmadi. (1986). Tehnik Belajar Yang Tepat. Semarang: Mutiara Permata Widya.

Depdikbud. (1993). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

_______. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Hornby. (1995). Oxford Advanced Learner’s Dictionary. De Chiara.

John P. De Cacco. (1968). The Psychologi of Learning and Instruction New Jersy, Prantic Hall Inc. Engelewood Cliffs.

M.Ngalim Purwanto. (1985). Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Karya.

N.K., Roetiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rinneka Cipta.

Safrudin. (2006). Peningkatan Peran serta Dklat PAI melalui Reading Aloud Surabaya: Widya Suara Mad ya BDK.

Sudjana, Nana. (2004). Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung.

Zaini Hisyam, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Center of Teacing Staff Development.