UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 030394 BONIAN KECAMATAN SILIMA PUNGGAPUNGGA KABUPATEN DAIRI

Isi Artikel Utama

Darna Manurung

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah  penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan  hasil belajar IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri No 030394 Bonian. Adapun yang menjadi tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui  penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA materi pesawat sederhana siswa kelas V SD Negeri No 030394 Bonian Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian Kuantitatif. Dari hasil yang diperoleh pada perbaikan pembelajaran bahwa model pembelajaran secara langsung adalah cara yang terbaik pembagian berfokus dengan belajar melakukan percobaan yang menggunakan alat peraga. Pelaksanaan yang menggunakan demonstrasi jauh lebih baik dibanding dengan metode-metode lain dalam mata pelajaran IPA. Dalam proses pembelajaran penerapan materi harus melibatkan seluruh siswa. Jadi penggunaan Metode Demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran  dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pesawat sederhana siswa kelas V SD Negeri No 030394 Bonian semester II tahun Pelajaran 2017/2018.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Manurung, Darna. “UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 030394 BONIAN KECAMATAN SILIMA PUNGGAPUNGGA KABUPATEN DAIRI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 269–274. Diakses April 20, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1414.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, Suharsini. (1996). Prosedur Penelitian Suatu pendekaan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dhieni, Nurbiana. (2006). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Din Wahyudin. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1995). Jakarta: Balai Pustaka.

Hera Lestari Mikarsa. (2007). Pendidikan Anak DI SD . Jakarta: Universitas Terbuka.

Purwanto, Ngalim. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Sri Anitah W. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutrisno Leo, Krisnadi Hery, Kartono. (2007). Pengembangan Pembelajaran IPA SD.Jakarta: Depdiknas.

Wardani, dkk,(2008). Pemantapan Kemampuan Profesional . Jakarta : Universitas Terbuka.