UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS II UPT SD NEGERI NO. 030353 SILEUH-LEUH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PERMAINAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan minat siswa kelas II SD Negeri 030353 Sileuh-leuh dengan menetapkan metode permainan untukmeningkatkan minat siswa dalam belajar matematika. Data yang diperlukan pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumen siswa, dan catatan guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tiga siklus. Masing masing siklus terdiri dari tindakan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Peran guru pelaksana tindakan selama melaksanakan kegiatan pembelajaran dikelas dengan metode permainan yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika dikelas II SD Negeri 030353 Sileuh-leuh dapat meningkatkan minat belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari meningkatnya presentase indikator aspek yang diamati berkaitan dengan minat belajar matematika.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Kismiantini dan Indrawati,D. (2008). Dunia Matematika Untuk Kelas II SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Sudono, A., dkk. (2007) Permainan Kreatif Untuk anak Usia Dini. Jakarta: PT. Sarana Bobo.
Sasongko D. (2007). MembangkitkanMinat Belajar. Koran SINDO 21 Februari 2007.
Tedjasaputra M.S. (2001). Bermain Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.