UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP SISWA KELAS 3 MI BAHRUL ULUM TANJUNG LAGO BANYUASIN

Isi Artikel Utama

Mita Puspita

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai capaian akademik  PKn siswa kelas 3 MI Bahrul Ulum Bangun Sari Tanjung Lago. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah: cara guru melakukan pembelajaran, di ruang kelas guru menggunakan metode ceramah hal tersebut membuat siswa menjadi pasif  mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran picture dan picture dalam pembelajaran PKn di kelas 3 MI Bahrul Ulum Bangun Sari Tanjung Lago Banyuasin. Subyek penelitian adalah siswa kelas III  terdiri dari 11 siswa, 4  perempuan dan 8 laki-laki. Teknik ini melibatkan pengumpulkan data penelitian menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis  deskriptif  kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Ini akan ditampilkan Kemampuan belajar sebelum siklus 36,36% kemudian meningkat menjadi 54,54% pada siklus I. kemudian meningkat menjadi 90,90 % pada Siklus II pada Pembelajaran 1 dan pada Siklus II Pembelajaran 2 meningkat menjadi 99,99%. Penggunaan gambar dan model pembelajaran dengan menggunakan Sebuah media gambar dapat meningkatkan minat siswa dan keefektifan pengajaran

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Puspita, Mita. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP SISWA KELAS 3 MI BAHRUL ULUM TANJUNG LAGO BANYUASIN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 497–500. Diakses Mei 7, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1462.
Bagian
Artikel

Referensi

A.A.Gaffar.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA.J.Bio Edyc.,vol.3.no.1.pp.10-21

DEPDIKNAS, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan : standar isi Mata Pelajaran PKn. Jakarta.Depdiknas.

H.Hindriawati, (2020). Model pembelajaran picture and picture. Indramayu: Adanu Abimata

Laksmini, A. (2010). Materi Kuliah Pendidikan PKn SD. Diunduh 10 Mei 2023 dari https://ayulaksmini.wordpress.com.

Sujiono, Y.N. (2013). Model Pembelajaran: Dalam Yuliani Nurani Sujiono. Mengajar dengan Portopolio(26). Jakarta: PT Indeks.

Sulhan, N. (2006). Pembelajaran dalam sebuah Konsep : Dalam Najib Sulhan, Pembangunan Karakter Pada Anak (6-49). Surabaya. Surabaya Intelektual Club.

Suryana. (2010). Data dan Jenis Data Penelitian. Diunduh 11 Mei 2023 dari https://csuryana.wordpress.com.

Syuroh, M dan Genti, M. (2014). Pengertian Tindakan Kelas : Dalam Misri Yanti dan Hestan Juli, Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas (17-83). Jakarta: Pustaka Felicia.

P.A.Susanti and N.N.Kusmariyani.(2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.J.Ilm.Sekol.Dasar,vol.1, no.2,pp.99-106

Winaputra, U.S dkk.(2018). Modul 1. Hakikat, Fungsi, Dan Tujuan Pendidikan Kwarganegaraan Di SD: Pembelajaran PKn di SD. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.