PENERAPAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SD SWASTA C9 SCHOOL PANGKALAN KERINCI

Isi Artikel Utama

Habibah Batubara
Zulhidah Zulhidah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dilakukan di Sekolah Dasar Swasta C9 School. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan naturalistik inquiry studi kasus. Data dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara. Keabsahan data diperkuat dengan mengonfirmasi hasil observasi dan wawancara. Untuk menguji kredibilitas data, dilakukan pengamatan yang lebih lama, peningkatan ketelitian, triangulasi data, member check, dan referensi. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai multikultural di Sekolah Dasar Swasta C9 School memiliki beberapa aspek sebagai berikut:1) pembelajaran dilaksanakan secara terpadu melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. 2) Peran kepala sekolah, guru, dan siswa memiliki peranan penting dan pemahaman yang sama dalam pengembangan nilai-nilai multikultural, yang berpengaruh positif dalam membangun karakter peserta didik. 3) Penerapan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar membuat siswa menjadi terbiasa dengan istilah bahasa Inggris, terkait penggunaan teknologi, dan menjadi percaya diri dalam berinteraksi dengan orang asing atau warga negara asing. 4) Program kurikulum internasional (Cambridge) dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara langsung dan interaktif dengan dunia, serta mendorong pendekatan pembelajaran aktif yang memandu siswa menjadi fasih dan memiliki pengetahuan luas dalam berbagai mata pelajaran. 5) Program ini juga berusaha merangkul keragaman yang ada dalam hati siswa, seperti latar belakang etnis, keyakinan agama, dan cita-cita, dengan tujuan menciptakan individu yang mampu bersosialisasi dengan budaya yang berbeda. 6) Sekolah Dasar Swasta C9 School merupakan tempat pertemuan antara peserta didik dan guru yang berasal dari latar belakang yang berbeda, yang memiliki ide, keyakinan, dan nilai yang beragam. Festival dan acara budaya diadakan untuk mengekspresikan keragaman multikultural tersebut. 7)Seluruh orang di lingkungan sekolah sangat waspada dan berkomitmen dalam menerapkan kebijakan no bullying (bebas penindasan). Dengan demikian, penelitian ini menyajikan gambaran tentang penerapan nilai-nilai multikultural di Sekolah Dasar Swasta C9 School dan menekankan pentingnya pendidikan multikultural dalam membangun karakter peserta didik

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Batubara, Habibah, dan Zulhidah Zulhidah. “PENERAPAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SD SWASTA C9 SCHOOL PANGKALAN KERINCI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 630–638. Diakses Mei 14, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1482.
Bagian
Artikel

Referensi

Aeni, K., & Astuti, T. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 178–186.

Arfa, A. M., & Lasaiba, M. A. (2022). Pendidikan Multikultural dan Implementasinya di Dunia Pendidikan. GEOFORUM, 1(2), 36–49.

Dewi, Y. A., & Mardiana, M. (2023). Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Multikultural Pada Siswa Sekolah Dasar. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 3(1), 100–113.

Handoko, S. B. (2022). Relevansi Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Paradigma Holistik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1537–1545.

Nata, A. A. D. A. N. A. (2019). Pemikiran Filosofis Pendidikan Multikultural.

Nur Latifah, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051

Permana, D., & Ahyani, H. (2020). Implementasi Pendidikan Islam Dan Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik. Jurnal Tawadhu, 4(1), 995–1006.

Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(11), 5677–5692.

Ramadhani, S. P., Marini, A., & Maksum, A. (2020). Implementasi Pendidikan Multikultural dilihat dari Perspektif Guru, Kepala Sekolah dan Kegiatan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 140–150.

Saihu, M. (2020). Menciptakan Harmonisasi Di Lingkungan Pendidikan Melalui Model Pendekatan Pembelajaran Islam Multikultural (Studi Di Sman 1 Negara Jembrana-Bali). Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 62–79.

Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2020). Skala Karakter Religius Siswa SMA Implementasi Nilai Utama Karakter Kemendikbud. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 9(1), 57–76.

Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 815–830.

Suharno, M. S. (2021). Pendidikan Multikulturisme Konsep, Tata Kelola, dan Praktik Penyelesaian Konflik Multikultural (Vol. 1). Penerbit Insania.