STEAM BERBASIS PROYEK : MEMBUAT KUBUS MENGGUNAKAN STIK KAYU DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD

Isi Artikel Utama

Astika Yuliani

Abstrak

Dalam pembelajaran matematika, kreatifitas dan pemecahan masalah dalam menyelesaikan suatu proyek sangatlah penting. Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman saat ini menjadi sebuah keharusan. Di dalam dunia pendidikan, inovasi yang baru dalam menciptakan suatu proyek berbasis sains dan teknologi yakni pembelajaran berbasis STEAM. Seiring berjalannya waktu, pembelajaran Matematika juga ,menerapkan model pembelajaran berbasis STEAM didalamnya. STEAM merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang mengkolaborasikan seperangkat ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan. Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai implentasi STEAM berbasis proyek dalam membuat kubus pada matapelajaran Matematika kelas V SD dengan menggunakan bahan stik kayu. Metode penelitian yang digunakan ialah studi literatur dimana peneliti mengkaji dan mengumplkan dari berbagai sumber yang berkaitan dengan STEAM dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada khalayak umum terkhusus guru dan peserta didik tentang manfaat STEAM dalam membuat kubus menggunakan stik kayu di matapelajaran matematika kelas V SD.


 


Kata Kunci : STEAM, Pembelajaran Matematika, Bangun Ruang Kubus.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yuliani, Astika. “STEAM BERBASIS PROYEK : MEMBUAT KUBUS MENGGUNAKAN STIK KAYU DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 571–575. Diakses Mei 14, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1527.
Bagian
Artikel

Referensi

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Mardlotillah, A. N., Suhartono,. & Dimyati. 2020. Pengaruh Pembelajaran Steam Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in Jagalempeni.. JURNAL JPSD, 7(2), 157-167.

Zed, Mestika 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia