PROGRAM PELAKSANAAN LITERASI SISWA SD KELAS I-VI SDN 17 MADANI, SDIT AL-MUNIR, SDIT BPMAA KOTA PEKANBARU

Isi Artikel Utama

Tiara Syarunnisa
Milda Amelia Putri
Dinda Gustri
Febrina Dafit

Abstrak

Program literasi disekolah dasar bertujuan untuk memperkembangkan sebuah literasi yang sudah ada disekolah, agar peserta didik dapat menjadikan literasi tersebut seperti pembelajaran sepanjang hayat mereka. Program literasi sekolah di SDN dan SDIT Pekanbaru lebih dari sekedar membaca dan menulis , namun mereka juga menerapkan sebuah literasi digital, finansial, literasi budaya dan kewargaan, tetapi ada juga literasi yang belum di terapkan oleh SDN dan SDIT Pekanbaru, karena mereka terhalang oleh waktu, perkembang, dan ruangan atau tempat. Dalam suatu perkembangan yang baik terutama dalam sekolah SDN dan SDIT Pekanbaru perlunya menerapkan suatu prinsi – prinsip Gerakan literasi sekolah. Agar sekolah SDN dan SDIT Pekanbaru menjadikan budaya literasi di garis paling depan, maka sekolah SDN dan SDIT Pekanbaru dapat menerapkan suatu strategi pelaksanaan dalam literasi. Adapun beberapa Teknik literasi disekolah seperti : harian, mingguan, bulanan dan presemester. Kegiatan ini dapat dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan suatu minat peserta didik dalam suatu literasi membaca agar pengetahuan mereka lebih luas dan dapat di kuasai secara baik. Materi yang sebaiknya mereka baca sebaiknya berisi nilai-nila nasioanal, kearifan lokal, budi pekerti dan gelobal. Program literasi ini dapat menjadikan sumber utama dalam dalam membiasakan peserta didik untuk membaca.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Syarunnisa, Tiara, Milda Amelia Putri, Dinda Gustri, dan Febrina Dafit. “PROGRAM PELAKSANAAN LITERASI SISWA SD KELAS I-VI SDN 17 MADANI, SDIT AL-MUNIR, SDIT BPMAA KOTA PEKANBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 501–505. Diakses Mei 15, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1530.
Bagian
Artikel

Referensi

Aisyi, I. R., Ghufron, S., Rahayu, D. W., & Hidayat, M. T. (2020). Gerakan Literasi Sekolah : Pelaksanaan, Hambatan, dan Solusi (Studi Kasus di SD Ghufron Faqih Surabaya). Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269-282.

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v sd gugus ii kuta utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2) 74-83.

Astuti, P., Mumpuni, A., & Pranoto, B. A. (2019). Pengaruh Minat dan Kemampuan Membaca Peserta Didik dalam Memahami Teks Bacaan. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01),26-32.

Khotimah, K., & Sa'dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1488-1498.