UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSI SECARA TERTULIS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS II SEMESTER II SDN COGREG 03

Isi Artikel Utama

risdianto risdianto

Abstrak

Rendahnya minat siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia menyebabkan sebagian besar siswa kurang antusias mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Dengan kondisi seperti itu guru berusaha memperbaiki proses pembelajaran dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran  Bahasa Indonesia, materi pokok mendeskripsikan binatang dan tumbuhan secara tertulis melalui pembelajaran kontekstual di kelas II.Subjek penelitian ini adalah  peserta didik kelas II, yang berjumlah  18 peserta didik. Metode yang digunakan dalam perbaikan pembelajaran ini adalah metode Gambar Binatang. Data yang diperoleh melalui hasil evaluasi peserta didik dan pengamatan oleh observer. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siklus ada kemajuan terbukti pada siklus pertama minat peserta didik mencapai 13 peserta didik (75,7%) dalam pembelajaran dan peserta didik yang tuntas belajar pada perbaikan siklus I baru  11 peserta didik (61,1%). Pada perbaikan siklus II terjadi peningkatan minat yaitu sebanyak 17 peserta didik (94,4%)). sedangkan hasil belajar peserta didik semakin meningkat dengan ketuntasan belajar mencapai 16 peserta didik (88,8%). Hal ini membuktikan bahwa melalui metode Gambar binatang  peserta didik dapat memecahkan permasalahan sendiri dalam pelajaran Bahasa Indonesia, materi pokok Mendeskripsikan binatang Atau Tumbuhan di Sekitar, sehingga hasil belajar siswa meningkat.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
risdianto, risdianto. “UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSI SECARA TERTULIS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS II SEMESTER II SDN COGREG 03”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 552–564. Diakses Mei 14, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1537.
Bagian
Artikel

Referensi

Max Darsono, dkk, (2004). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Uyoh Sadulloh,(2018). Pengantar Filsafat Pendidikan, Alfabeta, Bandung

Novialita Angga Wiratama. Iis Daniati F. (2022). Meningkatkan Keterampila N Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Konstekstual pada Siswa Sekolah.

Dasar Jurnal Basicedu.

Darmatul Asma Toja, (2020). Penerapan Pendekatan Konstekstual Menggunakan

Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada

Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Dea Ayu Aprilia dkk, (2019). Pengaruh Pendekatan Konstekstual dalam

Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Jurnal Mimbar PGSD.

Sahnim, (2018). Peningkatan Keterampilan Mendeskripsikan Binatang dengan

Bahasa Tulis Menggunakan Media Gambar Binatang melalui Pendekatan

Konstekstual Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar.Jurnal Riset Teknologi dan

Inovasi Pendidikan.

Apri Damai Sagita dkk, (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah

Dasar(Pendekatan dan Teknis). Media Maxima, Bekasi.

Taufina, (2018). Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5.Pusat

Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang Kemendikbub, Jakarta.

https://www.soalut.com/2018/07/contoh-laporan-pkp-ut-pgsd-kelas-ii-bahasa-indonesia-keterampilan-mendeskripsi.html