METODE DRILL ( LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 BUMI TINGGI

Isi Artikel Utama

Puspa Yulia Sari

Abstrak

Dalam penyelidikan peningkatan pembelajaran ini dilatarbelakangi permasalahan ada dalam kegiatan pembelajaran matematika pada kelas IV SD N 1 Bumi tinggi, diantaranya peserta didik yang masih sedikit diam dalam kegiatan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap ilmu matematika, kurangnya kinerja siswa dalam ilmu matematika , siswa kurang kreatif dalam menuntut ilmu. Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, memusatkan siswa dalam penguasaan materi pembelajaran, mengaktifkan siswa sebagai upaya meningkatkan penguasaan materi pembelajaran, . Dari data yang diperoleh dan diamati bisa di simpulkan bahwasannya dengan menggunakan metode Drill (Praktik) dalam pendidikan menganjurkan peserta didik untuk berperan aktif dan terkesan, didukung adanya penyusunan petunjuk yang matang, pemilihan ancangan yang sesuai, persiapan pendidik harus baik, penerapan pengelolaan kelas yang bagus bisa meningkatkan perolehan belajarsiswa. Hasil yang didapat pada tes formatif siklus 1 ialah 7peserta didik mendapat nilai rendah, 15 peserta didik mendapat hasil tinggi, rata-rata nilai siswa 70,90; perolehan hasil siswa hanya mencapai 68,18%. disiklus II total peserta didik yang mendapat hasil tinggi meningkat tajam pada anak yang memperoleh hasil tuntas 100% dengan nilai sebagai berikut: tidak ada peserta didik yang memperoleh hasil di bawah KKM. Jika nilail ini dijumlahkan, maka ketuntasan belajar siswa adalah tuntas dan hasil rata- rata kelas adalah 82,18. Anda dapat meningkatkan keterampilan matematika Anda dengan menggunakan metode latihan.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sari, Puspa Yulia. “METODE DRILL ( LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 BUMI TINGGI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 512–521. Diakses Mei 14, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1539.
Bagian
Artikel

Referensi

Andayani, dkk. 2009. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ProblemPosing Berbantuan MediaSemi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4).https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.

Arikunto,S.(2010).PenelitianTindakanKelas.BumiAksara. Buyung,B.,&Nirawati,R.(2018).PengaruhKarakterKerjaKerasterhadapKemampuanLiterasiMatematis

Sisw aMelaluiModelDiscoveryLearning.JPMI(JurnalPendidikanMatematikaIndonesia),3(1),21– 25.https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.519.

Blomm, Aqil Zainal. 2017. Model-Model Mengajar. Bandung: CV.Diponegoro

Crismono,P.C.(2017).PengaruhOutdoorLearningterhadapKemampuanBerpikirKritisMatematisSiswa. Jurn alPendidikanMatematikaDanSains,5(2),106– 113.https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.15482.

Dewi, N. A. K., Trisnawati, T., & Kristina, M. (2020). The Drill Method with Realistic Approach to

ImproveLearningOutcomesofDescriptiveStatisticsinHigherEducation.JINOP(JurnalInovasiPe mbel ajaran),6(1), 215– 226.https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.13010.

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence terhadap Kemampuan PemahamanMatematik Siswa SMP.JURNAL SILOGISME : Kajian IlmuMatematika Dan Pembelajarannya, 3(1),1.https://doi.org/10.24269/js.v3i1.936.

Djamarah, Syaiful Bachri dan Aswan Zain. 2016. Strategi Belajar Mengajar.

Rineka Cipta. Jakarta

I Made Suardiana, MetodeDrilluntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikapadaSiswa KelasIV SD JournalofEducationActionResearcVolume5,Number4,Tahun

Terbit2021, pp.542-547,P-ISSN:2580-4790E-ISSN:2549-3272

Karli, H. dan Sri Yulirtianingsih, M (2012), Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta; Bina Media Informasi

Karo-Karo, Ing Sulih Bukit (2005) Metodologi Pengajaran Salatiga : Sandara.

Mahadia (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Kendari: FKIPUnhalu.

Mardiyanis. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 001 Dengan Menggunakan Metode Diskusi Tahun Ajaran 2017/2018.

Tidak Diterbitkan.

Mulyana, E (2013), Strategi Pembelajaran dan Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa,

Makalah, Bandung, PP BPG.

Slanueto. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara. Soekamto, Teori (2017). Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Ditjen Dikti. Sumantri, Mulyana (2014). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardani. IGAK. Dkk (1998). Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, IGAK, 2004. Penelitian Tindakan Kelas; Jakarta. Universitas Terbuka.

Roestiyah. 2011. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Surakhmad, Wanarno. 2019. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta:Depdiknas

Subroto, Surya. 2012. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Ardi Mahatya.

Sagala, Syaiful (2003), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung; Alfabeta.

Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika secaraDaringbagiSiswaSekolahDasar.JurnalBasicedu,5(5),3158–3166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297.