PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL BERBASIS WEB PIXTON PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA FASE C SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Nanda Arumi Handayani
Rifaldi Sutan Nazaruddin
Asep Ediana Latip

Abstrak

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar komik digital yang menarik dan interaktif sehingga dapat mendukung proses pembelajaran di sekolah dasar dan menjadi terobosan terbaru dalam pengembangan bahan ajar terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dengan menggunakan bahan ajar komik digital berbasis pixton ini diharapkan siswa dapat dengan mudah memahami materi serta menumbuhkan motivsi dalam pembelajaran. Tujuan dilakukan penelitian ini juga untuk pengujian kevalidan dan keefektifan penggunaan bahan ajar komik digital berbasis pixton dalam pembelajaran. Model pengembangan yang dipilih adalah model pengembangan 4D yang merupakan singkatan dari 4 tahap proses pengembangan, yaitu Define, Design, Develop dan Dessimination. Data penelitian diperoleh melaui instrumen berupa angket validasi yang meliputi tiga aspek penilaian ahli, yaitu aspek materi, bahasa dan desain. Hasil uji validitas yang dilakukan menyatakan bahwa pengembangan produk bahan ajar yang dilakukan sangat layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar komik digital berbasis pixton pada mata pelajaran bahasa Indonesia fase C di sekolah dasar ini bisa menjadi solusi bagi pendidik untuk menghasilkan bahan ajar yang menarik, kreatif dan interaktif sehingga terbentuk proses belajar yang menyenangkan dan sesuai dengan tujuan belajar dalam kurikulum merdeka belajar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Arumi Handayani, Nanda, Rifaldi Sutan Nazaruddin, dan Asep Ediana Latip. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL BERBASIS WEB PIXTON PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA FASE C SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 613–621. Diakses Desember 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1575.
Bagian
Artikel

Referensi

ABSTRAK Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis. (n.d.). 96.

Airlanda, P. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan Komik Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.817

Hadi, W. S., & Dwijananti, P. (2015). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas Untuk Sekolah Menengah Atas. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 4(2), 15–24.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com

Ika, N. A., & Wiratsiwi, W. (2022). Pengembangan komik digital berbasis pendidikan karakter menggunakan aplikasi web pixton untuk siswa kelas Vi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 269–273. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1266

Ilham, M., & Marlini, M. (2019). Pembuatan Komik Literasi Informasi Untuk Meningkatkan Literasi Siswa di Perpustakaan SMA Negeri 1 Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 204. https://doi.org/10.24036/107327-0934

Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. X, 1–23.

Meilani, D. I. (2022). Pengembangan Komik Berbasis Pixton Pada Keterampilan Menceritakan Kembali Teks Fantasi Kelas VII SMP Negeri 1 Kretek Tahun Ajaran 2021/2022.

Penjumlahan, H., Pengurangan Bilangan Bulat, D., Rahmani, A., Heryadi, Y., Sa’adah, L., Guru, P., Dasar, S., Rangkasbitung, S., Budi, J., No, U., Komplek, L., & Kab, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Operasi. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 6(1), 2022. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Pramesti Vidya Bhakti Eva, R., Syarif Sumantri, M., & Negeri Jakarta, U. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN ABAD 21: KOMIK DIGITAL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Murni Winarsih. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–8.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Sagri, M., Sofos, F., & Mouzaki, D. (2018). Digital Storytelling, comics and new technologies in education: Review, research and perspectives. International Education Journal, 17(4), 97–112.

Sudrajat, A., Meiliana Lovienica, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 70–75. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3217

Syarah. (2018). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud Volume 12 Edisi 2 November 2018. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 311–320.

Wicaksono, J. W., Japar, M., & Utomo, E. (2021). Jurnal Multikultural Internasional dan Pemahaman Multireligius Pengembangan Media Komik Berbasis Digital untuk Siswa Kelas V SD. 532–537.

Yetti, E., & Jakarta, U. N. (2021). The Influence of Dance Instructional Strategy and Teacher’s Pedagogy Competence on Classroom Climate. İlköğretim Online, 20(1), 642–650. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.54