PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU ALFABET TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II DI SDN PUTAT JAYA 1 SURABAYA

Isi Artikel Utama

Elistya Prabawanti
Noviana Desiningrum
Diah Yovita Suryarini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar melalui penggunaan media pembelajaran kartu alfabet dan menciptakan pembelajaran interaktif terhadap kemampuan membaca siswa. Dengan adanya media ini maka memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan melalui kalimat bacaan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari hari. Saat ini, masih ada siswa yang belum lancar kemampuan membacanya terutama pada kelas rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya keingintahuan siswa terhadap kalimat bacaan yang sering dijumpai pada kehidupan sehari – hari. Selain itu, rendahnya daya dukung yang digunakan dalam proses pembelajaran, serta banyaknya materi pelajaran yang abstrak sehingga siswa sulit memahami. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan media pembelajaran yang interaktif dan menarik agar bisa membantu siswa dalam memahami materi dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif secara deskriptif. Metode kualitatif ini cenderung pada subyek penelitian dengan permasalahan yang telah ditentukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan pada pertemuan pertama 82,14% dan pertemuan kedua 92,85% yaitu presentase yang semula tergolong kategori baik menjadi kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan pertama 70,88% dan pertemuan kedua 93,75% mengalami peningkatan yang semula siswa kurang aktif menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, presentase pada pertemuan pertama tergolong kategori baik menjadi kategori sangat baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Prabawanti, Elistya, Noviana Desiningrum, dan Diah Yovita Suryarini. “PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU ALFABET TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II DI SDN PUTAT JAYA 1 SURABAYA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 652–656. Diakses Mei 14, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1594.
Bagian
Artikel

Referensi

Amirul, F. (2023). Pengertian Pembelajaran Interaktif _ Fatkhan.web.id.

Ananda, B. (2022). 5 Manfaat Bermain Kartu Huruf untuk Anak, Bisa Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis - Celebrities.Id.

Desthian, R. (2020). Memahami Fungsi dan Tujuan Pendidikan di Indonesia.

Dynasti, H. R. (2018). Pengembangan Kartu Huruf Berbasis Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Murid Disleksia Kelas Ii Di SD It Nurul Fikri Makassar Reza Hadiwijaya Dynasti.

Hasma, S. , M. (2018). Upaya_Meningkatkan_Kemampuan_Berpikir_Kr.

Hero, E. (2020). Pembelajaran Interaktif adalah Kegiatan Belajar Mengajar yang Baik.

Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz dan Media Teka Teki Silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151.

Mahmudah, U. (2019). Pengaruh Media Teka-Teki Silang Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Gizi Indonesia, 02(02), 107–114.

Nur, R. (2020). PENERAPAN MEDIA FLASHCARD.

Pintek, P. (2021). Pengertian Media Pembelajaran, Contoh dan Manfaatnya Untuk Sekolah – Pintek Blog.

Roosita, B. (2019). Keterkaitan Media Interaktif Dengan Semangat Belajar Peserta Didik The Relatinship Between Interactive Media and The Spirit of Student Learning. https://qjurnal.my.id/index.php/educurio

Sholeh, R. (2021). Metode Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa – Yayasan Al Ma’soem Bandung.

Siadari, C. (2015). Pengertian Dan Tujuan Membaca Menurut Para Ahli _ Kumpulan Pengertian.

Stabat, B. (2018). Lembar Observasi Aktivitas Guru. Scribd.Com.

Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa Sunanih. https://www.parentingclub.co.id/smart-

Tysara, L. (2021). Apa Itu Media_ Simak Pengertian Para Ahli, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya - Hot Liputan6.com.

Uliyanti, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Kartu Huruf Bagi Siswa Kelas 1 _ Shaleha _ Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk).

Veryawan, V. (2020). Media Kartu Huruf Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 2(2), 151–164. https://doi.org/10.32505/lentera.v2i2.2119