PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERADAB DI KELAS IV SD NEGERI 05 MADIUN LOR

Isi Artikel Utama

Ferry Anandika Akbar
Djoko Pramono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran IPAS materi “Membangun Masyarakat yang beradab” di kelas IV SD Negeri 05 Madiun Lor. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 05 Madiun Lor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi, 2) Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Membangun Masyarakat yang beradab” di kelas IV SD Negeri 05 Madiun Lor. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 61% siswa yang tuntas, pada siklus II yaitu: 86% siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat membuktikan bahwa model PjBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 05 Madiun Lor.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Anandika Akbar, Ferry, dan Djoko Pramono. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERADAB DI KELAS IV SD NEGERI 05 MADIUN LOR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 657–663. Diakses Mei 14, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1599.
Bagian
Artikel

Referensi

Alrikunto. (2015). Penelitialn Tindalkaln Kelals.

Dalhlaln, Al., & Wirobraljaln, S. D. M. (2018). MENINGKAlTKAlN KREAlTIVITAlS SISWAl MELAlLUI PROJECT. 1430–1440.

Halmid, Albi, M., Ralmaldhalni, R., Malsrul, Julialnal, Salfitri, M., Munsalrif, M., & Jalmalludin, & Simalrmaltal, J. (2020). Medial Pembelaljalraln (1st ed.). Yalyalsaln Kital Menulis.

Iskalndalr. (2018). Metodologi Penelitialn Pendidikaln daln Sosiall (Kuallitaltif daln Kualntitaltif). GP Press.

Kristin, F. (2016). EFEKTIVITAlS MODEL PEMBELAlJAlRAlN KOOPERAlTIF TIPE STAlD DITINJAlU DAlRI HAlSIL BELAlJAlR IPS SISWAl KELAlS 4 SD. Scholalrial: Jurnall Pendidikaln Daln Kebudalyalaln, 74–79.

Maludi, N. (2016). Implementalsi Model Project Balsed Lealrning Untuk Meningkaltkaln Kemalmpualn Komunikalsi Maltemaltis Siswal. Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal Indonesial, 1, 39–43.

Nalbillalh, T., & Albaldi, Al. P. (2020). Falktor penyebalb rendalhnyal halsil belaljalr siswal. 659–663.

Novital, L., Sukmalnalsal, E., & Praltalmal, M. Y. (2019). Penggunalaln Medial Pembelaljalraln Video terhaldalp Halsil Belaljalr Siswal SD. Indonesialn Journall of Primalry Educaltion, 3(2), 64–72.

Putri, Al., C, S., & Tyals, Al. (2018). PENERAlPAlN MODEL PEMBELAlJAlRAlN PROJECT BAlSED LEAlRNING (PjBL) UNTUK MENINGKAlTKAlN HAlSIL BELAlJAlR DAlN KREAlTIFITAlS SISWAl KELAlS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SAlLAlTIGAl. 6(1), 41–54.

Solihalt, S. (2021). Peneralpaln Model Pembelaljalraln Project Balsed Lealrning (PjBL) Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr Paldal Malteri Volume Kubus Daln Ballok (PTK di Kelals V MI Talrbiyaltul Mubtaldiin Kec.Paldalrincalng Kalb.Seralng). UIN SMH BAlNTEN.