PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS II SD PADA TEMA HIDUP RUKUN

Isi Artikel Utama

Feranika Oftaviani
Titi Anjarini
Riawan Yudi Purwoko

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas pembelajaran siswa pada tema Hidup Rukun. Subjek penelitian ini adalah 13 siswa kelas 2 SD Negeri Lubangkidul. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas pembelajaran siswa pada pembelajaran tematik tema Hidup Rukun subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat pada kelas 2 SD Negeri Lubangkidul. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengamatan yang menunjukkan nilai keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 88,125% dan meningkat pada siklus II menjadi 95%. Nilai kreativitas pembelajaran siswa yang semula terbilang cukup rendah dan perlu ditingkatkan, pada siklus I kreativitas klasikal pembelajaran siswa sebesar 73,08%, meningkat pada siklus II menjadi 80,77% dengan jumlah siswa tuntas 11 dari total 13 siswa. Sehingga terbukti bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan kreativitas pembelajaran siswa kelas 2 SD pada tema hidup rukun.


Kata Kunci: Kreativitas Pembelajaran Siswa, Model Project Based Learning, Tema Hidup Rukun.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Oftaviani, Feranika, Titi Anjarini, dan Riawan Yudi Purwoko. “PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS II SD PADA TEMA HIDUP RUKUN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 679–685. Diakses Mei 14, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1611.
Bagian
Artikel

Referensi

Sofan Amri. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Surya, A. P., et.al. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6, 41-45.

Wulandari, A. S., et.al. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 1, 97-108.

Ridwan Abdullah Sani. 2017. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugraha, A. R., et.al. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Kalam Cendekia, 6, 9-15.

Tama, H. N., 2019. “Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Komunikasi Sains Dan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII SMPN 22 Bandar Lampung”. Skripsi. FKIP, Pendidikan Matenatika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung, Bandarlampung.

Purnamasari, J., et.al. 2018. Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Scientific Di Kelas I SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 6, 11-24.