ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIS AL-IMAN KLUMPANG KEBUN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penyelesaian soal cerita matematika yang dilakukan oleh siswa kelas IV Mis Al-Iman Klumpang Kebun. Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan penyelesaian soal cerita matematika pada siswa kelas IV Mis Al-Iman Klumpang Kebun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV Mis Al-Iman Klumpang Kebun. Sedangkan obyeknya adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi KPK dan FPB siswa Kelas IV Mis Al-Iman Klumpang Kebun. Data yang dikumpulkan selama penelitian dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil dalam penelitian ini yaitu Kesalahan penyelesaian soal cerita matematika yang dilakukan oleh siswa kelas IV Mis Al-Iman Klumpang Kebun berupa kesalahan konsep, kesalahan prosedural dan kesalahan teknik dalam mengerjakan soal cerita materi FPB dan KPK. Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan penyelesaian soal cerita matematika pada siswa kelas IV Mis Al-Iman Klumpang Kebun yaitu siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal cerita, tidak membaca ulang hasil jawaban yang sudah dikerjakan dan tidak membaca serta memahami dengan jelas maksud dan pertanyaan soal, selain itu juga kurangnya kepercayaan diri siswa dala menyelesaikan soal cerita yang diberikan oleh guru. Hal ini menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerika tentang materi KPK dan FPB yang diberikan oleh guru.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Azmia, S & Soro, S.2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo pada Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 05, No. 02, 2001-2009
Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The difficulties of high school students in solving higher-order thinking skills problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520-532. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.52
Kurnia, S.W,. Sutiarso, S & Yunarti, T. 2021. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PEMBELAJARAN .
Kurniawati, R.P & Hadi, F, R. 2021. ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN . AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol10, No. 2, 891-902.
Mali, M.Y.K,. Stanislaus Amsikan, S & Nahak, S. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika. Volume 6, Nomor 2. 65-72
Miles dan Huberman. (2014). Qualitative Data Analyzis. California: Sage Publication
Mudhiah, S., & Shodikin, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Geometris Siswa. Jurnal Elemen, 5(1), 43. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.974
Pangestu,K.D.J., Zuhri, M, S2 , & Sugiyanti. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Pemecahan Masalah Polya Ditinjau dari Gaya Belajar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 3, No. 3, Mei 2021, Hal. 206-214
Patmawati, S. (2019). Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII Skripsi Tidak dipublikasi. Surakarta:UMS
Rafi, I., & Retnawati, H. (2018). What are the common errors made by students in solving logarithm problems? Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012157
Rahman, R. F., & Nur, I. R. D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Polya. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (6), 1413-1422.
Rosmiati, F., & Maya, R. (2021). Penggunaan Tahapan Newman untuk Menganalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (5), 1365-1374.
Udil, P,A. Senia, M, E,. & Yosfina Lasam, Y. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Cacah Berdasarkan Prosedur Newman. J U P I T E K Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4 Nomor 1. Hal. 36 – 46