PENGUTAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan paktik pengutan karater religius di Sekolah Dasar Negeri 2 karanggintung. Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif analisis. Lokasi penelitan dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kanggintung 2, teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara dengan mewawancarai pihak – pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan pengutan karakter religius di Sekolah Dasar Negeri 2 Karanggintung, selain wawancara pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap kegiatan penguatan karakter religius serta dilengkapi studi dokumentasi sebagi bahan pendukung hasil wawancara dan observasi. Adapaun hasil penelitian menyatakan bahwa pengutan karakter religius yang dilaksanakan Sekolah Dasar Negeri 2 Karanggintung melaui strategi pembelajaran afektif yakni pertama model konsiderasi dalam muatan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. kedua pola pelakonan/keteladan dalam budaya sekolah yang teraktulisasi dalam kegiatan dalam bentuk kegitan terserbut berimplikasi pada upaya perubahan prilaku dengan pengutan karater religius pada peserta didik.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahmad Yanizon. (2018). PERAN ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK DALAM KELUARGA. Jurnal KOPASTA, 3(2), 46–55. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/kopastajournal/article/view/553/729
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Ainiyah, Q., & Puji Lestari, S. (2021). Pembentukan Ranah Afektif Siswa Dalam Pembelajaran Fikih Di Ma Al Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(1), 96–115. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v3i1.256
Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1), 68 – 86. https://doi.org///doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587.
Amran, M., Sahabuddin, E. S., & Muslimin. (2018). Pendididkan Karakter Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Administrasi Dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, 254–261. file:///C:/Users/Easy/Downloads/6121-14535-1-PB.pdf
Ansulat Esmael, N. (2018). Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH SURABAYA. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 16–34. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p16-34
Baharun, H., & Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 21. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205
Fathurrohman, M. (2015). Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama di Sekolah. Kalimedia.
Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Kebijakan Penerapan Budaya Damai Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA Neberi 1 Sugihwaras Kab. Bojonegoro. Pedagogik, 5(2), 193–208. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/380/278
Hamid, A. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren: Pelajar dan Santri dalam Era IT & Cyber Culture. Imtiyaz. https://books.google.co.id/books?id=4D_5DQAAQBAJ&hl=id&source=gbs_book_other_versions
Julkifli. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PPKn Sekolah Dasar “Konsep, Strategi dan Praktik.” Pena Persada.
Julkifli. (2022). Penguatan Karakter Religius Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn ) Siswa Sekolah Dasar. PANRITA Journal Of Sciene, Technology, and Arts, 1(2), 47–53.
Kadir, F. (2015). Strategi Pembelajaran Afektif Untuk Meningkatkan Pendidikan Masa Depan. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 135–149.
Kadri, M. &, & Sani, R. A. (2016). Pendidikan Karakter, Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Bumi Aksara.
Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.624
Luthfiyah, R., Zafi, A. A., & Dini, A. U. (2021). Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age, 5(02), 513–526. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3576
Miles, M.B, Huberman, A. M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, Method Sourcebook, Edition 3. Sage.
Munawaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Octaviani, A. A., Furaidah, F., & Untari, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Religius Dalam Program Kegiatan Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1549. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13044
Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak Sd. Journal of Nnovation in Primary Education, 1(1), 40–47.
Rahman, M. H. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Konsiderasi Sebagai Upaya Penanaman Karakter Anak Di RA Al-Washliyah Kisaran Kabupaten Asahan. Jurnal Golden Age, 3(01), 1–8.
Stit, A., Nusantara, P., & Ntb, L. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Madrasah Aliyah Palapa Nusantara. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 206–229. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS. Conference on Innovation and Application of Science and Technology, 254–262. https://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/630
Umam, S. (2020). Membangun Kepedulian Sosial Anak Melalui Strategi Pembelajaran Konsiderasi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9291