PENGUTAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Bakti Fatwa Anbiya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan paktik pengutan karater religius di Sekolah Dasar Negeri 2 karanggintung. Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif analisis. Lokasi penelitan dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kanggintung 2,  teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara dengan mewawancarai pihak – pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan pengutan karakter religius di Sekolah Dasar Negeri  2 Karanggintung, selain wawancara pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap kegiatan penguatan karakter religius serta dilengkapi studi dokumentasi sebagi bahan pendukung hasil wawancara dan observasi. Adapaun hasil penelitian menyatakan bahwa pengutan karakter religius  yang dilaksanakan Sekolah Dasar Negeri 2 Karanggintung melaui strategi pembelajaran afektif  yakni pertama model konsiderasi dalam muatan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. kedua pola pelakonan/keteladan  dalam budaya sekolah yang teraktulisasi dalam  kegiatan dalam bentuk kegitan terserbut berimplikasi pada upaya perubahan prilaku dengan pengutan karater religius pada peserta didik.


         

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Anbiya, Bakti Fatwa. “PENGUTAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 4 (November 30, 2023): 760–767. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1693.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahmad Yanizon. (2018). PERAN ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK DALAM KELUARGA. Jurnal KOPASTA, 3(2), 46–55. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/kopastajournal/article/view/553/729

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Ainiyah, Q., & Puji Lestari, S. (2021). Pembentukan Ranah Afektif Siswa Dalam Pembelajaran Fikih Di Ma Al Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(1), 96–115. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v3i1.256

Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1), 68 – 86. https://doi.org///doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587.

Amran, M., Sahabuddin, E. S., & Muslimin. (2018). Pendididkan Karakter Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Administrasi Dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, 254–261. file:///C:/Users/Easy/Downloads/6121-14535-1-PB.pdf

Ansulat Esmael, N. (2018). Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH SURABAYA. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 16–34. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p16-34

Baharun, H., & Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 21. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205

Fathurrohman, M. (2015). Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama di Sekolah. Kalimedia.

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Kebijakan Penerapan Budaya Damai Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA Neberi 1 Sugihwaras Kab. Bojonegoro. Pedagogik, 5(2), 193–208. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/380/278

Hamid, A. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren: Pelajar dan Santri dalam Era IT & Cyber Culture. Imtiyaz. https://books.google.co.id/books?id=4D_5DQAAQBAJ&hl=id&source=gbs_book_other_versions

Julkifli. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PPKn Sekolah Dasar “Konsep, Strategi dan Praktik.” Pena Persada.

Julkifli. (2022). Penguatan Karakter Religius Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn ) Siswa Sekolah Dasar. PANRITA Journal Of Sciene, Technology, and Arts, 1(2), 47–53.

Kadir, F. (2015). Strategi Pembelajaran Afektif Untuk Meningkatkan Pendidikan Masa Depan. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 135–149.

Kadri, M. &, & Sani, R. A. (2016). Pendidikan Karakter, Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Bumi Aksara.

Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.624

Luthfiyah, R., Zafi, A. A., & Dini, A. U. (2021). Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age, 5(02), 513–526. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3576

Miles, M.B, Huberman, A. M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, Method Sourcebook, Edition 3. Sage.

Munawaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Octaviani, A. A., Furaidah, F., & Untari, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Religius Dalam Program Kegiatan Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1549. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13044

Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak Sd. Journal of Nnovation in Primary Education, 1(1), 40–47.

Rahman, M. H. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Konsiderasi Sebagai Upaya Penanaman Karakter Anak Di RA Al-Washliyah Kisaran Kabupaten Asahan. Jurnal Golden Age, 3(01), 1–8.

Stit, A., Nusantara, P., & Ntb, L. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Madrasah Aliyah Palapa Nusantara. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 206–229. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS. Conference on Innovation and Application of Science and Technology, 254–262. https://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/630

Umam, S. (2020). Membangun Kepedulian Sosial Anak Melalui Strategi Pembelajaran Konsiderasi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9291