KOMPETENSI GURU PAUD PADA ABAD 21

Isi Artikel Utama

Muthia Lestari
Dhifa Noor Restya
Regina Nurlena

Abstrak

Memasuki abad ke-21, profesionalisme guru telah menjadi syarat utama dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Tujuan utama dari deskripsi tentang kompetensi guru PAUD yang diperlukan pada abad 21 adalah untuk memberikan pemahaman yang jelas kepada guru PAUD mengenai kemampuan dan keterampilan yang harus dimiliki dalam menghadapi tantangan pendidikan di era modern ini. Metode penelitian ini adalah literature riview, untuk melakukan tinjauan literatur, peneliti membaca, menganalisis, dan mengembangkan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kompetensi guru pada abad 21 mengacu pada 4 kompetensi guru yakni kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Namun pada dasarnya semakin canggihnya teknologi guru PAUD pada abad 21 dituntut untuk mengembangkan kemampuan digital dalam pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lestari, Muthia, Dhifa Noor Restya, dan Regina Nurlena. “KOMPETENSI GURU PAUD PADA ABAD 21”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 1 (Februari 12, 2024): 31–35. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1737.
Bagian
Artikel

Referensi

Boholano, H. (2017). Smart social networking: 21st century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(1), 21–29.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, terj. Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Edgington, M. (2004). The foundation stage teacher in action: Teaching, 4 and 5 year olds. The Foundation Stage Teacher in Action, 1–296.

Fatmawati, F., & Setiawati, D. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru Sejarah Dalam Menghadapai Tantangan Abad 21. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(11), 1259–1270.

Garba, S. A., Byabazaire, Y., & Busthami, A. H. (2015). Toward the Use of 21 st Century Teaching-Learning Approaches: The Trend of Development in Malaysian Schools within the Context of Asia Pacific. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 10(4).

Harahap, H., Syafitri, S. E., & Ramadhani, D. (2023). Pelatihan Penggunaan Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru PAUD IT Bismillah. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 4(1), 67–78.

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85–92.

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1), 99–117.

Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Maulana, I., & Nurhafizah, N. (2019). Analisis kebijakan pendidikan anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 657–665.

Notanubun, Z. (2019). Pengembangan kompetensi profesionalisme guru di era digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 54.

Nurhalizah, S. (2022). TANTANGAN PEMBELAJARAN ABAD 21 BAGI PENDIDIK.

Nuryani, P., Abidin, Y., & Herlambang, Y. T. (2019). Model Pedagogik Multiliterasi Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke-21. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 117–126.

Sakung, N. T., Nofiansyah, W., Fitriana, A., & Trianto, Y. A. (2023). Pelatihan Pengembangan Kompetensi Guru Abad 21 pada PAUD Aisyiyah Ganjar Agung Metro. Abdi Masyarakat, 5(1).

Sonia, T. N. (2019). Menjadi Guru Abad 21: Jawaban Tantangan Pembelajaran Revolusi Industri 4.0.

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61.

Syafwandi, S., & Juairiyah, J. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Kurikulum 2013 PAUD Melalui Workshop dan Supervisi Akademik di TK Negeri Pembina Arut Selatan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4161–4165.