DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD BERBASIS PENDEKATAN STEAM DALAM MENUNJANG LITERASI NUMERASI SISWA

Isi Artikel Utama

Rahma Hidayanthi
Hotmaida Lestari Siregar

Abstrak

Untuk menjamin terpenuhinya pembelajaran yang bermutu, desain pembelajaran merupakan suatu metode dalam menciptakan desain pembelajaran dengan memanfaatkan pendekatan  pembelajaran. Siswa secara aktif menciptakan pengetahuan matematikanya sebagai bagian dari proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana desain pembelajaran matematika berbasis STEAM dapat meningkatkan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah tinjauan literatur. Siswa dapat dibantu dalam meningkatkan literasi numerasi melalui penggunaan pendekatan STEAM dalam pembelajaran matematika. Ketika pembelajaran berbasis STEAM digunakan, literasi numerasi siswa meningkat drastis karena mampu membuat proyek yang mengubah matematika dari mata pelajaran sulit menjadi mata pelajaran yang menyenangkan.


Kata Kunci:  Desain Pembelajaran Matematika, Literasi Numerasi, Pendekatan STEAM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hidayanthi, Rahma, dan Hotmaida Lestari Siregar. “DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD BERBASIS PENDEKATAN STEAM DALAM MENUNJANG LITERASI NUMERASI SISWA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 1 (Februari 12, 2024): 36–41. Diakses Februari 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1790.
Bagian
Artikel

Referensi

Aini, K., Misbahudholam, M., & Armadi, A. (2019). Kemampuan Numerasi Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Big Book Berbasis STEAM. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, null(23), 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi Numerasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1. https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7

Effendi, A., Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5632

Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2).

Herro, D., Quigley, C., & Cian, H. (2019). The Challenges of STEAM Instruction: Lessons from the Field. Action in Teacher Education, 41(2), 172–190. https://doi.org/10.1080/01626620.2018.1551159

Leonard, L. (2020). Peran Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(Vol 2 No. 1), 248–262. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2457

Mejias, S., Thompson, N., Sedas, R. M., Rosin, M., Soep, E., Peppler, K., Roche, J., Wong, J., Hurley, M., Bell, P., & Bevan, B. (2021). The Trouble with STEAM and Why We Use It Anyway. Science Education, 105(2), 209–231. https://doi.org/10.1002/sce.21605

Nirmalasari, P., Jumadi, Ekayanti, A., Machromah, I. U., Musthofa, W. S., Isamer, N. P., Putri, R. I. I., & Zulkardi, Z. (2023). Penerapan Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math) untuk Penguatan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Abdimas Indonesia, 9(2), 89–96. https://doi.org/10.53769/jai.v1i2.90

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508

Oktaviani, V. A., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics). (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 142.

Patriana, W. D., Sutama, Wulandari, & Dewi, M. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Rachim, F. (2019). How to STEAM Your Classroom. In DPP Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO) (Issue Juli). AGTIFINDO.

Shabrina, Z. S., & Sholihah, H. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran STEAM di Sekolah Dasar. Educurio, 1(STEAM, Implementasi, Sekolah), 209–216. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=analisis+penerapan+pembelajaran+steam+di+sd+salwa&btnG=#d=gs_qabs&t=1688563410567&u=%23p%3DjaAIWF2-w1cJ

Siregar, N., Sundari, D., & Bakri, A. (2019). Karakter Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 91. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i1.821

Sultan, U., Tirtayasa, A., Raya, J., & Km, J. (2021). Pengembangan Media Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Abad 21. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(1), 43–53.