PENERAPAN DAN PERSEPSI PEMBELAJARAN TERPADU DALAM KURIKULUM SD KELAS 5 DI TAMBUN: TANTANGAN DAN PELUANG

Isi Artikel Utama

Hamna Hamna
Muh. Khaerul Ummah BK
Marshanda Intan Handayani
Zulkivli J. Ali
Winda Araroh

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan dan persepsi pembelajaran terpadu dalam kurikulum SD kelas 5 di Tambun, serta mengevaluasi tantangan dan peluang yang muncul dari implementasi metode ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran, yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari tiga kelompok stakeholder utama: guru, siswa, dan orang tua. Survei kuantitatif digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan dan efektivitas pembelajaran terpadu, sementara wawancara dan observasi digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pengalaman dan tantangan dalam implementasi pembelajaran terpadu di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terpadu secara umum diterima baik oleh guru dan orang tua, dan telah meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa. Namun, beberapa siswa mengalami kesulitan dengan integrasi lintas mata pelajaran yang kompleks. Penelitian ini memberikan wawasan yang penting untuk sekolah yang ingin mengimplementasikan atau memperbaiki praktik pembelajaran terpadu.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hamna, Hamna, Muh. Khaerul Ummah BK, Marshanda Intan Handayani, Zulkivli J. Ali, dan Winda Araroh. “PENERAPAN DAN PERSEPSI PEMBELAJARAN TERPADU DALAM KURIKULUM SD KELAS 5 DI TAMBUN: TANTANGAN DAN PELUANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 2 (Mei 28, 2024): 133–139. Diakses Juli 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1834.
Bagian
Artikel

Referensi

Agustami, R. P., Wiyanto, W., & Alimah, S. (2017). Persepsi guru dan siswa terhadap Pembelajaran Ipa Terpadu Serta Implikasinya Di Smp. Journal Of Innovative Science Education, 6(1), 96-103.

Mulyani, S. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Terpadu (Ptk Di Sdn 04 Punduhsari) (Doctoral Dissertation, Uns (Sebelas Maret University)).

Humaira, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema Sumber Energi Kelas Iv Sdn Pabian Iii Sumenep Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Stkip Pgri Sumenep).

Haidir, I., Azis, A., & Samad, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Smp Negeri 29 Satap Malaka Kab. Maros. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 8(3), 237-242.

Armini, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Nested Dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Induksi Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (Jes-Mat), 6(2), 113-128.

Settiawan, D. (2021). Model Pembelajaran Terpadu Konten Keislaman Dan Bahasa Inggris Di Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (Doctoral Dissertation, Uin Sultan Syarif Kasim Riau).

Nadyah, S., & Lena, M. S. (2023). Persepsi Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies, 6(1), 756-765.

Wiyani, R. (2015). Persepsi Guru Mi Muhammadiyah Serangrejo Mi Muhammadiyah Serangrejo Terhadap Pembelajaran Tematik Terpadu (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).