IMPLEMENTASI METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPAS DI KELAS V SD NEGERI BAMBAN

Isi Artikel Utama

Millatul Lailiyah
Febrina Nur Hikmah

Abstrak

Ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) adalah salah satu mata pelajaran yang sering tidak disukai oleh peserta didik, terutama pada tingkat sekolah dasar. Hal tersebut dikarenakan kurang realistisnya metode yang digunakan oleh guru guna menyampaikan materi, lebih cenderung hanya menyampaikan materi dengan metode ceramah. Banyak cara efektif yang sesuai digunkan untuk memperbaiki masalah tersebut, dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran salah satunya Picture and Picture, tujuan utamanya adalah menggalakkan keterlibatan, kreativitas, dan inovasi peserta didik selama proses pembelajaran dikelas. Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk menggalakkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran, khususnya ditingkat kelas rendah dengan melalui penenrapan metode tersebut. Metode penelitian yang diteapkan mencakup aspek kualitatif pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilakukan dalam II siklus dan setiap siklus melibatkan satu kali pertemuan.  Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri Bamban. Dalam penelitian ini guru berperan sangat penting dalam penerapan metode picture and picture.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lailiyah, Millatul, dan Febrina Nur Hikmah. “IMPLEMENTASI METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPAS DI KELAS V SD NEGERI BAMBAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 2 (Mei 28, 2024): 140–146. Diakses Desember 26, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1861.
Bagian
Artikel

Referensi

Farias, R. L. S., Ramos, R. O., & da Silva, L. A. (2009). Numerical solutions for non-Markovian stochastic equations of motion. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Issue 4). https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Hamdani. (2011). Penggunaan Metode Picture and Picture Dengan Media Gambar. Repositori.Libary.Uksw.Edu.

Ii, B. A. B. (2013). Jurnal 3 - Bab 2 - PAP. 10–37.

Katulung, M., Mendelson Laka, B., & Tahulending, G. (2021). Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Kelas V Sd Katolik Kakaskasen. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 142–151. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.418

Kuraedah, S., & Saliadin, L. (2016). Penerapan Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B DI MIN Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe selatan. Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/506/492

Mayasari, M. F. dan D. (2018). Pemanfaatan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Rendah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2.

Menjalin, S. (n.d.). Metode Kerja Kelompok Kelas Xi Iis3.

Oktaviana, E., Yudha, C., & Ulfa, M. (2018). Menggunakan Metode Picture and Picture Di Kelas IV. 1, 1–10.

Rosdiana, Kusmariyanti, W. & P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storyteling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Keterampilan Menyimak, 08(03), 11.

Sagala, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Setiana, S. . (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pgsd, 3(01), 80–98.

Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture and Picture Dan Media Gambar Seri. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 228. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3857

Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Borneo : Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440

Wahyuningsih, N. M., Yuliyati, D. R. L., & Hajron, K. H. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Menggunakan Metode Picture and Picture. Prosiding Konferensi …, 3, 1693–1699. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3168