TINJAUAN LANDASAN PSIKOLOGIS DALAM DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI MADRASAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tinjauaan landasan psikologis dalam pengembangan kurikulum PAI di madrasah memegang peranan penting sebagai upaya menciptakan kurikulum PAI yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Tujuan penelitin ini adalah untuk menganalisis, menggali serta memahami dan memberikan informasi tentang bagaimana tinjauan psikologis dalam perancangan atau desain pengembangan kurikulum PAI di madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan dengan buku-buku dan jurnal nasional yang berkaitan dengan pengembangan kurikulum dalam tinjauan landasan psikologis sebagai sumber informasi. Hasil penelitian ini adalah: Dalam landasan psikologi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan kurikulum PAI di madrasah, diantarannya yaitu 1) psikologi perkembangan anak yang memperhatikan dan mengkaji bagai tahapan-tahapan perkembangan anak berdasarkan usianya, dan 2) psikologi belajar yang mengkaji tentang ilmu-ilmu belajar yang terdiri dari a) teori belajar behavioristik, b) teori belajar kognitivisme, c) teori belajar humanistik dan d) teori belajar konstruktivisti.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahmad Nur Kholik. (2019). Landasan Psikologis Pengembangan Kurikulum Abad 21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 65–86. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.124
Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Carmelita, M., Salem, V., Khairani, M., Mamontho, F., & Setiawati, M. (2023). Pengembangan Kurikulum (Sarwandi (ed.)). PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.
Fithriyah, D. N. (2024). Teori-Teori Belajar dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi PGMI, 2(1), 12–21. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/jemi/article/view/341
Hamami, T., & Prasetyo, A. R. (2020). PRINSIP-PRINSIP DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(October). https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692
Herliani, Boleng, D. T., & Maasawet, E. T. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran (Andriyanto (ed.)). Penerbit Lakeisha.
Hidayat, L. A., Rahmatullah, A. S., & Suyudi, M. (2023). Konsep Dasar Landasan Psikologis Pengembangan Kurikulum. 3, 322–336.
Latifa, M., & Arifmiboy, A. (2023). Landasan Sosiologis Dalam Pengembangan Kurikulum Sebagai Persiapan Generasi yang Berbudaya Islam. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 676–683. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.220
Linda, & Dewi, D. E. C. (2024). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD Ditinjau Dari Faktor Psikologis. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1), 25–32.
Messy, M., Hasdi, A., & Miboy, A. (2023). Prinsip Pengembangan Kurikulum PAI dan Relevansinya Dalam Pembelajaran PAI. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 464–470. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.193
Miswar Saputra, M. P., Nazaruddin, MA Zaedun Na’im, M. P. ., Syahidin, SE., M.Si., C.S.HF., C.LMA., C.BPA Puspo Nugroho, M.Pd.I Ismatul Maula, M. P., Yanry Budianingsih, M. P., Lila Pangestu Hadiningrum, M.Pd Dasep Bayu Ahyar, M.Pd Khaidir, M. A., & Makmur, S.Pd.I., M.Pd.I Dahniar, M. (2021). Pengembangan kurikulum pendidikan agama islam (Rusnawati (ed.); Issue December). Yayasan Penerbitan Muhammad Zaini.
Nasir, A., & Asri. (2023). Belajar Dan Pembelajaran. In N. Adhha (Ed.), PENERBIT KBM INDONESIA. PENERBIT KBM INDONESIA. https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/
Nidawati. (2021). HAKIKAT KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 22–42.
Nurfatimah, S. &. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran SAINS. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(September), 121–138.
Nurliana, Nurfadilah, & Bahri, A. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran (H. Bncong (ed.)). LPP UNISMUH MAKASSAR.
Nurmaida, D. K., Nasrullah, N., & Syarifudin, S. (2022). Teori Pembelajaran Humanisme dalam Perspektif Pendidikan Islam. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 3(3), 133–143. https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i3.755
Rouf, M., Said, A., & HS, D. E. R. (2020). PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH: KONSEP, MODEL DAN IMPLEMENTASI. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 5(2).
Rusnawati, O. (2021). Dasar dan Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Azkia, 16(1), 273–291.
Siratjudin, & Citra, D. E. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam SebagaiUpaya Memperkuat Nilai-Nilai Keagamaan Berdasarkan KearifanLokal di Kab. Kaur Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1), 155–165. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/1165
Sofiana, F., & Aly, H. N. (2023). Landasan Psikologis. Journal on Education, 5(2), 4312–4316. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1146
Suraiya, S., & Zubaidah, Z. (2023). Azas Psikologis Pengembangan Kurikulum: Suatu Analisis Komparatif. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(1), 14. https://doi.org/10.22373/jm.v13i1.18376
Wahyudin, A., & Dewi, D. E. C. (2024). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDN 27 Bengkulu Selatan. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1), 166–182.
Yuliawati, L. (2021). Pentingnya Landasan Psikologis dalam Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Inovasi Kurikulum, 5(1), 99–112. https://doi.org/10.17509/jik.v5i1.35627