PENGARUH MEDIA FLIPCHART PADA PEMBELAJARAN TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 25 WOJA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya efektifitas penerapan media flipcart pada kegiatan belajar mengajar pembelajaran terpadu sehingga siswa kurang efektif dalam pemahami materi, dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran pada bab 5 topik A. Tujuan dari penelitian ini adalah yaitu untuk mengetahuai pengaruh penggunaan media pembelajaran Flipchart pada pembelajaran terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 25 Woja. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dengan hasil signifikan pretest 0,158 dan hasil uji posttest 0,200 lebih dari taraf signifikansi 0,05, maka data sampel berdistribusi normal dan. Data dianalisis dengan menggunakan uji homogenitas dengan taraf signikansi 0,628>0,05, maka data sample dikatakan homogen. Data dianalisis dengan menggunakan uji T (One Sample T test) dengan taraf signifikansi 0,02 < 0,05. Jadi terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran flipchart pada pembelajaran terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 25 Woja, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci: Flipchart, Pembelajaran Terpadu, Hasil Belajar..
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Damayanti, P. S., Putra, A., Pujiarti, T., & Mariati. (2024). Pengaruh Multimedia Pada Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 692-699
Darmawan, C. A., Khaq, M., & Ngazizah, N. (2021). Pengembangan Media FlipChart Berbasis Komik pada Pembelajaran PKN Materi Indahnya Keragaman Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 36–44.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M.,Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M.,Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. In Media pembelajaran.
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Hidayat Fahrul, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Flipchart Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Aksara Kaganga Kelas III di SDN 12 Rejang Lebong. 31–41.
Putra, A., Yusnarti, M., Info, A., & History, A. (2022). Analisis Validitas Buku Siswa Tematik Tema Indahnya Kebersamaan Berbasis “ Rawi Rasa ” menggunakan Pendekatan Kontekstual. 5, 3912–3917.
Rasyid, Isran dan Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. 91–96.
Srirahmawati, I., Pujiarti, T., Damayanti, P. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 06 Pajo. Jurnal Elementary: 6(2), 116-122
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
Talakua, C., & Aloatuan, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flipchart terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SD Negeri 24 Maluku Tengah. Biodik, 7(01), 95–101.